Comscore Tracker

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigi

Salah satunya adalah permen karet!

Banyak orang yang menyepelekan kesehatan gigi dan mulut. Bukan cuma menyikat gigi dua kali sehari saja, tetapi pola makan juga mesti diperhatikan. Tahukah kamu bahwa ada makanan dan minuman terbaik yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi?

Bukan cuma rasanya yang enak, makanan dan minuman berikut ini bisa membantu kesehatan gigimu tetap terjaga. Yuk, perbanyak konsumsinya!

1. Permen karet bebas gula

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigipexels.com/RF._.studio

Melansir Health, permen karet bebas gula membantu membersihkan gigi dan merangsang produksi air liur atau saliva. Air liur dapat membersihkan asam yang diproduksi oleh bakteri mulut. Air liur juga membasahi gigi dengan kalsium dan fosfat yang memperkuat tulang. Selain itu, beberapa jenis permen karet bebas gula juga diberi pemanis xylitol, yaitu jenis alkohol yang dapat mengurangi jumlah bakteri.

Kamu disarankan untuk memiliki permen karet bebas gula dengan rasa mint. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa asam yang digunakan untuk menciptakan rasa buah tertentu dapat merusak gigi, meski cuma sedikit.

2. Air 

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigipexels.com/Daria Shevtsova

Air memiliki fungsi seperti air liur yaitu membantu membersihkan gula dan asam yang menempel pada gigi. Air juga mengandung flouride yang mampu mencegah erosi gigi. Flouride umumnya ada di air yang berasal dari pegunungan dan air kemasan.

Menurut keterangan dari Orthodontics Australia, saliva terdiri dari 95 persen. Dehidrasi dapat mengentalkannya, yang mana kondisi ini dapat menimbulkan kerusakan di mulut.

Kadar air yang optimal dalam air liur sangat penting untuk menguraikan makanan, menetralkan asam bakteri penyebab bau napas tak sedap pada pagi hari, dan mencegah kerusakan gigi.

Meskipun air tak sebaik sikat gigi dan benang gigi dalam membersihkan gigi, tetapi air bisa membantu mengurangi plak dengan cara membersihkan sisa makanan. Berkumur dengan air putih setelah minum kopi atau makanan berwarna lainnya bisa membantu mencegah dan mengurangi noda pada gigi.

Baca Juga: Banyak yang Tak Tahu, Ini 10 Penyebab Gigi Sensitif

3. Produk olahan susu

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigipexels.com/Samer Daboul

Produk susu dan olahannya adalah sumber kalsium yang baik untuk kesehatan gigi. Melansir Health, kalsium adalah bahan utama mineral, dikenal sebagai hydroxyapatite, yang memperkuat enamel gigi serta tulang. Sekadar informasi, secara teknis gigi bukan tulang, tetapi keduanya memiliki beberapa sifat yang sama.

Produk olahan susu, khususnya keju, mengandung kasein, salah satu jenis protein. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition tahun 2004, kasein bersama dengan kalsium memainkan peran penting dalam menstabilkan dan memperbaiki enamel gigi.

4. Makanan berserat tinggi

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigipexels.com/Maarten van den Heuvel

Sayuran dan makanan berserat tinggi lainnya membuat pencernaan lebih baik, mestabilkan kadar kolesterol dalam tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan gigi. Sayuran dan makanan berserat tinggi perlu banyak dikunyah sehingga menghasilkan air liur. Seperti yang sudah disebutkan di atas, air liur dapat membersihkan asam yang diproduksi oleh bakteri mulut. 

Matthew Messina, dokter gigi sekaligus juru bicara American Dental Association mengatakan kepada Health bahwa mengunyah makanan tersebut secara alami dapat membersihkan gigi saat dihaluskan (dikunyah) menjadi potongan-potongan kecil.

5. Stroberi 

5 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Menyehatkan Gigipexels.com/Pixabay

Stroberi mengandung asam malat yang dapat memutihkan gigi. Kamu bisa menggunakan stroberi sebagai pemutih gigi dengan cara  berikut ini:

  • Hancurkan stroberi sampai lembut
  • Campurkan dengan soda kue dan oleskan pada gigi menggunakan sikat gigi
  • Tunggu selama 5 menit dan bersihkan
  • Pastikan untuk membersihkan gigi dengan benang gigi, sehingga biji stroberi yang kecil tidak terperangkap di sela gigi

Lakukan cara di atas secara rutin.

Jika ingin merawat kesehatan gigimu, kamu bisa mencoba beberapa makanan dan minuman di atas. Tidak ada salahnya menjaga pola makan sehat bergizi seimbang, karena kamu tak bisa cuma mengandalkan sikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca Juga: Meski Enak, 6 Minuman ini Ternyata Bikin Gigi Jadi Kuning Lho!

Sita Vilosa Photo Writer Sita Vilosa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya