Comscore Tracker

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbian

Biasa dipakai untuk darah tinggi dan masalah pencernaan

Buah bit atau Ubi bit merah digolongkan dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies Vulgaric conditiva. Semula yang dikonsumsi hanyalah akarnya. Namun, sekarang buah dan daun buah bit juga sering dikonsumsi.

Buah ini diolah dengan cara direbus, dikukus atau dimakan sebagai salad bersama sayuran dan buah lain. Di bawah ini adalah khasiat buah bit yang belum banyak orang tahu, simak ya!

1. Sebagai antioksidan

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbianunsplash.com/charlottemsk

Di dalam buah bit terkandung banyak antioksidan yang berfungsi menghambat radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan juga bisa menghambat berbagai perkembangan penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Detox alami

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbianunsplash.com/maddibazzocco

Detox bermanfaat untuk mengeluarkan zat-zat beracun dari tubuh. Detox juga bisa membuat metabolisme berjalan lebih lancar dan cepat. Kalau kamu mau detox, buah bit bisa menjadi salah satu bahan detox alami yang nikmat lho!

Baca Juga: 7 Khasiat Penting Wasabi, dari Detoksifikasi Racun hingga Cegah Kanker

3. Mencegah hipertensi

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbianunsplash.com/foodism360

Kandungan nitrat dalam buah bit ternyata berkhasiat untuk mencegah hipertensi atau darah tinggi. Rutin mengonsunsi buah bit dapat menjadi alternatif bagi kamu yang menderita hipertensi. Tapi, tentunya kamu harus berhati-hati dalam pengolahan buah bit mengingat kandungan nitrat ini mudah bisa memicu kanker bila dipanaskan dengan suhu yang terlalu tinggi atau pengolahan yang kurang tepat.

4. Diet

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbianunsplash.com/thoughtcatalog

Kaya karbohidrat dan serat, buah bit cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin diet. Jenis umbi-umbian ini memiliki kalori yang tinggi namun lemak dan kolesterol yang dimilikinya sangat rendah.

5. Pewarna makanan

5 Khasiat Buah Bit, Si Merah dari Kelas Umbi-umbianunsplash.com/moniqa

Buah bit berwarna merah keungu-unguan mirip buah naga. Warnanya  yang menarik inilah yang membuat buah bit digunakan sebagai pewarna makanan alami dengan cara dijus sejak pertama ditemukan.

Warna merah keungu-unguna ini  berasal dari senyawa betasianin pemberi pigmen ungu dan betasantin pemberi pigmen kuning   pada buah bit. Kansungan ini buah bit aman bila dijadikan pewarna makanan.

Wah, banyak juga ya khasiat umbi yang satu ini? Berniat mencoba?

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual di Pagi Hari

Vina Anggerina Photo Verified Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya