Comscore Tracker

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umum

Risiko tertular bertambah jika kolam tersebut ramai

Berenang adalah kegiatan hiburan yang sehat untuk kesehatan. Selain menenangkan, berenang juga melatih otot tubuh dan membakar kalori yang setara dengan berolahraga. Kamu bisa melatih paru-parumu lewat kegiatan. Namun berhati-hati sajalah. Berada di dalam air bukan air aman dari penyakit.

Ada musim di mana kolam renang menjadi ramai dan dipenuhi oleh pengunjung. Kondisi ini membuat rentan penularan penyakit dikarenakan higienitas kolam yang tidak bisa dipantau.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutnya sebagai Recreational water illnesses (RWI) atau penyakit air rekreasi. Penyakit-penyakit ini menular akibat air yang tertelan, terhirup dan lainnya. Berikut adalah beberapa penyakit tersebut.

1. Telinga perenang

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umummedicalnewstoday.com

Sesuai namanya, ini kondisi peradangan yang sering didapatkan para perenang pada telinga luar mereka. Mayo Clinic menjelaskan jika kondisi ini diakibatkan oleh air kolam yang masih berada di telingamu dan tidak bisa keluar sehingga menjadi lingkungan tumbuhnya bakteri. Dikenal juga sebagai otitis externa, gejala masalah ini berupa rasa gatal, kemerahan di telinga, ada rasa sakit dan cairan yang keluar dari telinga, hingga demam jika sudah sangat parah.

2. Shigellosis

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umumthesun.ie

Shigellosis adalah infeksi yang diakibatkan bakteri bernama Shigella. Informasi dari CDC mengatakan jika mereka yang terkena Shigella ini akan mendapatkan gejala berupa diare, demam hingga keram perut beberapa hari setelah terinfeksi. Beberapa orang yang terinfeksi bisa tidak mendapatkan gejala apa pun tetapi tetap bisa menularkan Shigella ke orang lain.

3. Kutu yang Membawa berbagai potensi penyakit

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umummedicalnewstoday.com

Kamu pasti mengira kutu hanya ada di darat dan tidak bisa hinggap di orang ketika berada di area basah atau berair? Salah besar.

Serangga parasit tersebut tetap bisa datang dengan cara menumpang di handuk yang kamu pakai. Menurut Spoon University, kemungkinan itu terjadi jika kamu berbagi handuk atau sisir di kolam renang.

Baca Juga: Mengapa Kamu Merasa Kelaparan Setelah Berenang? Ketahui Penjelasannya

4. Hepatitis A

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umumfoodsafetynews.com

Menurut CDC, hepatitis A merupakan penyakit yang bisa dihindari jika kamu mendapatkan vaksinasi. Namun jika tidak mendapatkannya, berhati-hatilah.

Penyebaran virusnya bisa lewat air sehingga jika air kolam renang tidak higienis, risikonya terkena penyakit hati ini cukup besar. Gejala yang bisa kamu rasakan jika mendapat penyakit ini adalah nafsu makan berkurang dan mual-mual.

5. Berbagai penyakit akibat E. Coli

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umummedicalnewstoday.com

Bakteri E. Coli biasa hidup di sistem pencernaanmu dan juga lambung hewan. Ada banyak macam E. Coli dan beberapa di antaranya mampu menimbulkan penyakit berupa diare.

Bakteri ini biasa diasosiasikan dengan keracunan makanan. Kenyataannya, E. Coli juga bisa datang dari air yang terkontaminasi. Agar tidak terkena, berenanglah di tempat yang kolamnya tidak direnangi oleh hewan atau bersih dari kotoran.

6. Cryptosporidiosis

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umumphysiciansweekly.com

Dikenal juga sebagai crypto, penyakit ini datang dari infeksi parasit Cryptosporidium. Mayo Clinic menjelaskan jika proses parasit ini adalah masuk ke dalam usus halus dan hinggap di dindingnya.

Mereka yang sehat biasanya tertular akibat air yang terkontaminasi diare. Sebenarnya infeksi ini akan hilang sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu, tetapi jika sistem imunmu lemah, infeksi ini bisa berbahaya bagi nyawamu.

7. Legionellosis

Bukan Hamil, Ini 7 Risiko Kesehatan saat Berenang di Kolam Renang Umumlegionnairesdiseasenews.com

Penyakit ini datang dari bakteri Legionella. Hasil dari penyakit ini adalah pneumonia yang parah. Satu efek penyakit lagi yang bisa didapatkan dari bakteri ini adalah demam Pontiac.

Mayo Clinic menjelaskan jika demam Pontiac adalah penyakit yang serupa dengan flu namun mampu membuat penderitanya merasakan pegal-pegal. Biasanya demam ini akan selesai dalam waktu dua sampai lima hari, namun jika tidak ditangani bisa berakibat fatal.

Agar terhindar dari penyakit-penyakit ini, perhatikan kebersihan dirimu sekaligus kolam renang yang akan digunakan untuk berenang. Ada baiknya mengurungkan niat jika kolam tersebut sedang ramai atau tampak kotor karena besar kemungkinan terkena penyakit jika memaksakan diri. Pastikan juga dirimu benar-benar bersih selesai berenang.

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Akan Kamu Peroleh dari Berenang Secara Rutin

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya