Comscore Tracker

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan

Kondisi saat mastoid mengalami infeksi bakteri

Mastoiditis adalah kondisi saat mastoid mengalami infeksi bakteri. Mastoid adalah sel udara yang mengelilingi telinga dalam dan tengah. Saat sel mastoid mengalami infeksi atau inflamasi, ini dapat berkembang menjadi mastoiditis. Terdapat banyak struktur vital yang melewati mastoid, sehingga infeksi mampu menyebar ke luar dan memicu komplikasi kesehatan lain.

Mastoiditis kebanyakan terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Kebanyakan orang dengan mastoiditis dapat pulih dengan cepat tanpa komplikasi selama didiagnosis dan diobati dengan cepat.

Di sini, akan dijelaskan beberapa informasi lainnya seputar mastoiditis yang dirangkum dari laman National Health Service dan WebMD.

1. Gejala

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatanilustrasi sakit telinga (freepik.com/karlyukav)

Mastoiditis menimbulkan beberapa gejala, yang meliputi:

  • Kemerahan dan nyeri di belakang telinga.
  • Pembengkakan di belakang telinga.
  • Cairan keluar dari telinga.
  • Suhu tubuh tinggi dan kelelahan.
  • Sakit kepala.
  • Gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Gejala mastoiditis biasanya muncul setelah infeksi telinga berulang atau parah.

2. Penyebab

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatanilustrasi mastoiditis (freepik.com/stockking)

Tulang mastoid memiliki bentuk mirip dengan sarang lebah yang berisi ruang udara yang disebut sel mastoid. Mastoiditis berkembang ketika sel mastoid mengalami infeksi atau peradangan. Bakteri dari telinga tengah dapat berjalan menuju sel-sel udara tulang mastoid.

Kolesteatoma juga bisa memicu mastoiditis. Ini merupakan penumpukan sel kulit abnormal di dalam telinga yang membuat telinga tidak dapat mengering dengan baik, yang menyebabkan infeksi.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Infeksi Telinga pada Bayi Tanpa Antibiotik

3. Diagnosis

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatanilustrasi pemeriksaan telinga (freepik.com/gpointstudio)

Sebelum mendiagnosis mastoiditis, dokter umum akan memeriksa telinga bagian dalam dengan menggunakan otoskop. Apabila dokter curiga kamu mengalami mastoiditis, dokter akan merujuk ke spesialis THT untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Nantinya, kamu mungkin akan menjalani tes darah dan kultur telinga untuk mengidentifikasi infeksi bakteri. Kadang diperlukan CT scan untuk mendapatkan gambaran detail bagian dalam tengkorak.

4. Pengobatan

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatanilustrasi penggunaan obat tetes telinga (freepik.com/bearfotos)

Ada beberapa pilihan pengobatan untuk merawat mastoiditis, di antaranya:

  • Terapi antiobiotik merupakan pilihan pengobatan utama untuk merawat mastoiditis akut dan kronis.
  • Perawatan di rumah sakit untuk mastoiditis akut. Nantinya, pasien akan mendapatkan antibiotik melalui infus.
  • Pembedahan untuk mengalirkan cairan dari telinga tengah. Ini biasanya dilakukan untuk mastoiditis yang tidak segera membaik setelah pemberian antibiotik atau jika pasien mengalami komplikasi, seperti abses atau erosi tulang.
  • Kombinasi terapi antibiotik oral, obat tetes telinga, dan pembersihan telinga oleh dokter digunakan untuk mengobati mastoiditis kronis.

5. Komplikasi yang bisa terjadi

Mastoiditis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatanilustrasi gangguan pendengaran (freepik.com/karlyukav)

Meskipun biasanya mastoiditis tidak menyebabkan komplikasi serius, tetapi pengobatan tidak selalu mudah dan terkadang infeksi kembali. Apabila tulang mastoid terinfeksi parah dan tidak dilakukan pembedahan, ini mungkin menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang serius hingga mengancam jiwa seperti:

  • Gangguan pendengaran
  • Meningitis
  • Gumpalan darah
  • Abses otak

Mastoiditis pada dasarnya bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan karena kebanyakan dapat disembuhkan. Namun, tanpa pengobatan, kondisi ini bisa berkembang menjadi lebih serius. Untuk itu, jika kamu atau orang terdekatmu mengalami mastoiditis, segera dapatkan bantuan medis agar segera teratasi.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Mengobati Infeksi Telinga, Patut Dicoba!

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya