Comscore Tracker

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigi

Mau mencoba?

Menggosok gigi merupakan salah satu langkah wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, tak jarang pasta gigi mengandung bahan-bahan yang tidak cocok bagi sebagian orang, seperti triklosan, sodium laureth sulfate, gliserol, aspartam, sorbitol, dan sakarin. Akibatnya, beberapa orang perlu sangat selektif dalam memilih pasta gigi.

Jika rentan mengalami ketidakcocokan dengan pasta gigi, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan bahan alami sebagai alternatif pengganti pasta gigi. Sebab, ada beberapa bahan alami yang ternyata bisa diandalkan untuk menjaga kebersihan mulut, bahkan telah digunakan sejak dulu hingga sekarang. Intip, yuk, bahan alami apa saja yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk pasta gigi.

1. Soda kue

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigipexels.com/kaboompics.com

Soda kue adalah alternatif pasta gigi yang sangat populer dan efektif bila digunakan dengan benar. Sebuah studi dari Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa soda kue efektif membersihkan gigi dan menghilangkan plak untuk melawan kerusakan gigi. Bahkan, soda kue sendiri banyak digunakan dalam produk pasta gigi.

Campurkan soda kue dengan air atau jus lemon untuk membersihkan sekaligus mencerahkan gigi. Namun, karena sifatnya yang abrasif, email dapat terkikis seiring waktu dan penggunaan yang berlebihan. Jadi, pastikan kamu tidak berlebihan dalam menggunakan soda kue.

2. Minyak esensial

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigiunsplash.com/Kelly Sikkema

Sudah jadi rahasia umum bahwa minyak esensial memiliki sifat antibakteri yang sangat hebat dan bisa menjadi pembersih yang bagus untuk banyak hal, termasuk gigi. Namun, saat menggunakan minyak esensial untuk membersihkan gigi, pastikan kamu melakukan sesuatu petunjuk keamanan oleh National Association for Holistic Aromatherapy.

Larutkan beberapa tetes minyak esensial favorit dalam air dan gunakan untuk membersihkan gigi. Beberapa minyak esensial yang mudah ditemukan dan berkhasiat adalah peppermint, eucalyptus, kayu manis, rosemary, atau lemon.

Baca Juga: 7 Produk Sampo dengan Bahan Rosemary, Sehatkan Akar Rambut dan Wangi!

3. Oil pulling

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigipexels.com/mareefe

Pernahkah kamu mendengar tentang oil pulling? Oil pulling adalah cara kuno yang digunakan untuk menjaga kesehatan mulut yang melibatkan pengambilan sekitar satu sendok makan minyak pembawa, seperti minyak kelapa, wijen, atau bunga matahari. Oles ke mulut selama sekitar 20 menit sehari.

Penelitian dalam Nigerian Medical Journal menunjukkan bahwa oil pulling dapat membantu mengurangi plak dan melawan radang gusi. Hanya saja, jangan gunakan ini sebagai pengganti menyikat secara keseluruhan. Setidaknya, tetap gosok gigi dengan sikat yang dicelupkan ke dalam air.

4. Peroksida

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigieverydaycheapskate.com

Dijelaskan dalam laman WebMD, peroksida bisa menjadi solusi yang efektif untuk membersihkan mulut karena memiliki kekuatan membunuh bakteri. Akan tetapi, kamu harus sangat berhati-hati dengan peroksida.

Jika berminat mencoba alternatif ini, kamu perlu mengencerkan peroksida dengan air terlebih dahulu sehingga tidak berpotensi membuat gusi terbakar.

5. Xylitol

Jaga Kesehatan Mulut, 5 Bahan Alami Ini Bisa Jadi Pengganti Pasta Gigiunsplash.com/Sharon McCutcheon

Xylitol merupakan alkohol gula alami yang biasa ditemukan dalam banyak buah dan sayuran. Xylitol sendiri kerap digunakan sebagai pengganti gula pada beberapa produk makanan.

Penelitian dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dentistry menunjukkan bahwa xylitol dapat mencegah kerusakan gigi. Kamu bisa mendapatkan xylitol dalam bentuk permen karet sebagai pelega tenggorokan atau dalam bentuk gula untuk berkumur sebelum menyikat gigi.

Jika kamu mencoba salah satu alternatif perawatan mulut alami ini sebagai pengganti pasta gigi biasa, pastikan untuk berkumur-kumur hingga bersih segera setelah menggunakan bahan-bahan tersebut. Jadi, tertarik menggunakan bahan-bahan di atas sebagai pengganti pasta gigi?

Baca Juga: 6 Kegunaan Pasta Gigi yang Jarang Diketahui, Gak Hanya untuk Mulut

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya