Comscore Tracker

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkak

Dari hal sepele hingga gejala kondisi medis serius

Kadang, kita bangun tidur dengan wajah yang bengkak. Kondisi ini bisa terasa menjengkelkan, terutama jika itu berlangsung sepanjang hari.

Secara umum, bengkak di wajah disebabkan oleh retensi cairan, yang dapat berasal dari sejumlah faktor. Sering kali hal ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi kadang juga bisa menjadi tanda adanya masalah medis.

Berikut ini akan dibahas beberapa penyebab wajah bengkak dan apa saja hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, dirangkum dari laman Medical News Today dan Women's Health.

1. Tidur

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkakilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi banyak orang, mereka mungkin mengamati bahwa mereka bangun tidur dengan keadaan wajah yang cukup bengkak. Kondisi ini berasal dari retensi cairan semalaman yang normal, tetapi mungkin lebih terlihat pada individu yang terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur.

Ini karena berbaring selama tidur menyebabkan cairan terkumpul di wajah, dan posisi tidur seseorang juga dapat memperburuk ini. Tidur telungkup, misalnya, mungkin memperparah efek ini. Namun, saat orang tersebut memulai aktivitas mereka setelah bangun dan menghabiskan waktu dengan tegak, bengkak umumnya akan menghilang dengan sendirinya.

2. Adanya kerusakan tiroid

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkakilustrasi masalah tiroid (freepik.com/wayhomestudio)

Tiroid merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu di tenggorokan yang memompa keluar hormon yang mengatur metabolisme dan suhu tubuh. Jika produksinya terlalu sedikit, perubahan metabolisme dapat menyebabkan jaringan subkutan menjadi lebih besar yang merujuk pada pembengkakan secara keseluruhan.

Rusaknya tiroid juga mungkin menyebabkan kamu merasa kedinginan dan lemah. Kamu mungkin juga memperhatikan kulitmu menjadi lebih kering atau menstruasi menjadi tidak teratur. Namun, kamu tidak perlu panik, katakan hal ini pada dokter untuk mendapatkan tes darah sederhana dan resep obat jika perlu.

Baca Juga: 14 Penyebab Kaki Bengkak, Dari Hamil hingga Gagal Jantung

3. Gondongan

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkakilustrasi gondongan (freepik.com/wayhomestudio)

Gondongan mungkin terdengar seperti penyakit yang kuno. Namun, penyakit ini sebenarnya masih ada dan sangat menular. Jika kamu menderita gondongan, selain pembengkakan pada pipi, kamu mungkin juga mengalami sakit kepala, demam, dan nyeri otot.

Biasanya penyakit ini diidentifikasi melalui swab air liur atau tes darah. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebagian besar kasus sembuh dalam beberapa minggu.

4. Alergi

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkakilustrasi alergi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selain menyebabkan mata merah dan bersin-bersin, reaksi alergi terhadap makanan, serbuk sari, atau bahkan obat-obatan dapat menyebabkan pembengkakan di wajah, terutama di sekitar mata dan hidung.

Angioedema (pembengkakan yang sering kali terjadi akibat reaksi alergi) biasanya akan muncul dalam bentuk gatal-gatal di bibir dan kelopak mata. Jika angioedema menyebabkan kesulitan bernapas, itu adalah keadaan darurat dan perlu mendapatkan bantuan medis secepat mungkin. Akan tetapi, untuk kasus yang tidak darurat, antihistamin bisa berguna.

5. Menstruasi

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 5 Penyebab Umum Wajah Bengkakilustrasi nyeri menstruasi (pexels.com/Polina Zimmerman)

Menstruasi juga dapat menjadi penyebab wajah bengkak. Ini biasanya terjadi sebelum atau saat menstruasi yang disebabkan retensi cairan. Hasilnya, kamu mungkin melihat bengkak di wajah saat bangun tidur.

Kamu dapat mengenali wajah yang bengkak sebagai sindrom pramenstruasi (PMS) jika gejala PMS lainnya juga hadir. Untuk mengurangi bengkak di wajah selama menstruasi, kamu perlu mengurangi asupan garam dan konsumsi suplemen magnesium.

Kamu dapat melakukan berbagai perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mencegah masalah yang menyebabkan wajah bengkak. Jika bengkak pada wajah terjadi secara terus-menerus atau mengganggu, konsultasi ke dokter adalah langkah yang paling bijak.

Baca Juga: Apakah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Termasuk Gejala COVID-19?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya