Comscore Tracker

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenang

Ampuh redakan kemerahan dan rasa gatal agar tak iritasi

Gatal, kemerahan, kering, dan panas. Eksim yang kambuh, atau istilahnya flare up, merupakan "mimpi buruk" bagi para penderitanya. Kulit akan mengalami kondisi-kondisi yang disebutkan di atas, sehingga membuat penderita tidak nyaman hingga bahkan sulit beraktivitas.

Buat yang belum tahu, eksim adalah kondisi kulit yang sering pula disebut sebagai dermatitis atau dermatitis atopik. Umumnya, kondisi ini kambuh karena udara yang dingin atau panas, keringat, tidak cocok dengan kandungan produk perawatan kulit, hingga bahan kain tertentu. Eksim tidak bisa sembuh, tetapi perawatan dokter dibutuhkan untuk mengurangi atau mengendalikan gejala dan kekambuhannya.

Jika kamu memiliki riwayat eksim, kamu tentu memiliki krim atau obat tertentu untuk meredakan gatal dan kemerahan di kulit. Selain itu, ada pula cara-cara alami untuk membantu mengatasi gejala eksim. Ingin tahu apa saja? Simak berikut ini, yuk!

1. Gel Lidah Buaya

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangmedicalnewstoday.com

Eksim yang sedang kambuh bikin kulit kemerahan, panas, dan kering. Untuk meredakan gejala tersebut, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya yang ampuh untuk menenangkan kulit yang sensitif

Mengutip Medical News Today, gel tersebut juga memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan memperkuat sistem imun sehingga akan mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang iritasi. 

2. Minyak Kelapa

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangpexels.com/Alenxandr Podvalny

Berikutnya, kamu juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit yang mengalami eksim. Tidak hanya berguna sebagai pelembap, bahan alami dari daging buah kelapa ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan. 

Menurut National Eczema Association (NEA), sifat antibakteri yang dimiliki oleh minyak tersebut akan mengurangi mikroorganisme di kulit. Ini sangat penting karena eksim yang meradang akan menjadi infeksi ketika ada bakteri yang masuk ke dalamnya. 

3. Perbaiki Cara Mandi

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangpexels.com/armin rimoldi

Cara mandi kita berperan penting dalam pengobatan eksim. Jika salah, kondisi kulit akan semakin parah. Lalu seperti apa mandi yang disarankan ketika eksim kambuh? Berikut ini rekomendasi menurut NEA:

  • Jangan menggunakan air yang terlalu panas atau dingin;
  • Gunakan air dengan suhu normal menuju hangat untuk mencegah eksim semakin kering dan mengelupas;
  • Jangan mandi terlalu sering dan batasi waktu mandi hanya selama 10-15 menit;
  • Jangan menggosok kulit terlalu keras;
  • Gunakan sabun yang lembut dan sebaiknya tidak mengandung wewangian;
  • Jangan gosok kulit saat mengeringkan tubuh. Cukup tepuk-tepuk halus dengan handuk yang lembut;
  • Selalu gunakan pelembap setelah mandi.

4. Colloidal Oatmeal

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenanghealthline.com

Colloidal oatmeal atau yang dikenal pula sebagai Avena sativa merupakan oat tumbuk yang kaya mampu meredakan inflamasi kulit. Menurut banyak studi, bahan alami ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga bisa membantu mengatasi eksim. 

Ada banyak cara untuk menggunakan colloidal oatmeal. Kamu bisa menaburkannya ke air untuk mandi, sebagai sabun, atau pelembap. Bahan ini dipastikan aman untuk semua usia namun pastikan kamu tidak alergi terhadapnya, ya. 

5. Evening Primrose Oil

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangmedicalnewstoday.com

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu pakai adalah evening primrose oil. Mengutip laman Healthline, minyak bunga primrose ini mengandung omega-6 dan asam linoleat yang berperan penting untuk mencegah inflamasi di tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung minyak tersebut atau menggunakannya sebagai obat luar. Karena berasal dari bahan yang alami, primrose oil tidak menimbulkan efek samping apa pun terhadap kulit. 

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Harus Minum Obat! 

6. Tea Tree Oil

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangpexels.com/Mareefe

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu coba adalah tea tree oil. Studi dari Journal of Dermatology mengatakan bahwa tea tree oil mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, dan virus, serta penyembuh luka. Maka dari itu, minyak ini mampu mengatasi berbagai inflamasi kulit, termasuk eksim. 

Akan tetapi, kamu tidak boleh langsung mengoleskan tea tree oil murni ke atas kulit dengan eksim. Campurkan dengan minyak lain, seperti minyak zaitun, kelapa, jojoba oil, atau almond oil agar kulit tetap terhidrasi. 

7. Gunakan Humidifier Dalam Ruangan

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangpexels.com/cottonbro

Udara di ruangan, terutama yang ber-AC, dapat membuat kulit kering sehingga eksim akan semakin parah. Selain memakai pelembap, kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan humidifier dalam kamarmu. Alat tersebut dapat menambahkan kelembapan di udara, sehingga kulit tidak mudah kering dan iritasi. 

8. Konsumsi Makanan yang Bisa Mengurangi Inflamasi

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangbelvoir-university-health.com

Ketika eksim kambuh, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi atau meredakan inflamasi. Hal ini akan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah contoh makanan yang bisa kamu konsumsi:

  • Berbagai jenis ikan;
  • Sayuran hijau seperti bayam, kale, selada, dan brokoli;
  • Buah-buahan;
  • Kayu manis;
  • Kunyit;
  • Kacang hijau, kacang panjang, kacang polong, dan kacang merah.

Sebaliknya, hindari makanan yang mampu meningkatkan inflamasi. Contohnya kedelai, gandum, produk susu, dan telur. 

9. Coba Lakukan Relaksasi

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenangpexels.com/Artem Beliaikin

Salah satu hal yang sering memicu eksim adalah stres. Sebab, saat kita merasa tertekan, otak akan mengeluarkan hormon stres kortisol yang mampu menimbulkan inflamasi, termasuk pada kulit. 

Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan hal yang kamu senangi untuk mengontrol stres, sesuaikan saja dengan preferensimu. Berikut ini beberapa teknik relaksasi yang layak untuk dicoba:

  • Meditasi;
  • Latihan pernapasan;
  • Yoga;
  • Mendengarkan musik.

Tidak semua orang merasa cocok dengan teknik relaksasi di atas. Maka dari itu, lakukan saja hal-hal yang membuatmu senang dan bisa mengurangi beban pikiran. 

10. Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Eksim Kambuh

10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenanglivehealthily.com

Selain cara-cara di atas, penting pula untuk menghindari hal-hal yang mampu memperparah gejala eksim. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Hindari pakaian yang terbuat dari wol dan bahan-bahan kasar lainnya;
  • Hindari aktivitas yang membuatmu berkeringat;
  • Jangan menggaruk area eksim karena ini akan membuatnya iritasi;
  • Hindari sabun, detergen, dan produk-produk lain yang mengandung wewangian;
  • Jangan menggunakan pakaian ketat;
  • Hindari hal-hal yang memicu alergi jika kamu memiliki riwayat tersebut.

Itulah 10 cara alami untuk meredakan gejala eksim yang bisa kamu lakukan. Semoga tidak semakin parah, ya!

Baca Juga: 12 Cara Cepat Redakan Radang Tenggorokan, Alami Tanpa Obat

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya