Comscore Tracker

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahui

Peka dengan kondisi tubuh sangat penting, lho!

Tahukah kamu apa itu batu empedu? Ini adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol dan terbentuk di saluran empedu manusia. Berdasarkan statistik yang dimuat di laman Health Engine, batu empedu dialami oleh 10-20 persen dari total populasi manusia. Umumnya, batu empedu baru terbentuk di atas usia 40 tahun.

Meski begitu, kita tidak boleh meremehkan batu empedu, karena ini bisa terbentuk di usia berapa pun. Simak yuk 7 gejala batu empedu yang tidak kamu sadari!

1. Nyeri di bagian perut

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuibelmarrahealth.com

Biasanya, batu empedu memang tidak menimbulkan gejala, tanda-tanda atau ciri-ciri. Namun, jika kamu merasakan nyeri secara tiba-tiba dan meningkat dengan cepat di bagian kanan atas perut, bisa jadi itu adalah pertanda batu empedu! Perlu diketahui bahwa empedu terletak di bagian kanan perut, tepatnya di bawah organ hati.

2. Nyeri di bawah tulang dada

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuijust-health.net

Nyeri perut bukan satu-satunya penanda batu empedu. Ada gejala lain yang perlu kamu perhatikan, yaitu munculnya nyeri tiba-tiba dan intensif di bagian tengah perut, tepatnya di bawah tulang dada kita, terang laman Mayo Clinic.

Jika nyeri ini hanya berlangsung sebentar, jangan khawatir. Namun, jika terjadi dalam kurun waktu yang lama dan terus berulang, kamu perlu mewaspadainya!

3. Terjadi nyeri punggung

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuinpr.org

Selain dua nyeri tadi, ada nyeri di bagian tubuh lain yang perlu kamu waspadai. Yaitu ketika nyeri terjadi di bagian punggung, tepatnya di antara tulang belikat. Ini karena ketika batu melewati kantong empedu ke usus kecil dan terjebak di saluran empedu, maka akan menimbulkan rasa sakit, jelas laman Medicine Net.

4. Ada rasa sakit di bagian bahu

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuibuoyhealth.com

Masih ada lagi titik rasa sakit atau nyeri yang perlu kamu waspadai, yaitu di bagian bahu sebelah kanan. Rasa sakit ini digambarkan bervariasi, mulai dari ringan, sedang atau berat dan menjalar dari perut ke punggung dan menuju ke bagian tubuh lainnya, ungkap laman Medicine Net.

Baca Juga: Gila, 806 Batu Empedu Bersarang di Tubuh Nenek 60 Tahun

5. Timbul rasa mual dan muntah

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuimadewithoils.com

Gejala lain yang bisa dideteksi sebagai batu empedu adalah timbulnya rasa mual dan muntah. Mual dan muntah adalah gejala umum dari semua jenis masalah kantong empedu. Namun, hanya penyakit empedu kronis yang bisa memicu masalah pencernaan, seperti refluks asam, gas, mual dan muntah, ungkap laman Health Line.

6. Muncul demam tiba-tiba

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuihealthline.com

Selain itu, gejala lainnya dari batu empedu adalah timbul demam. Faktanya, menggigil atau demam yang tak bisa dijelaskan bisa menandakan bahwa terjadi infeksi batu empedu. Infeksi ini bisa mengancam jika menyebar ke bagian lain dari tubuh, jelas laman Health Line. So, you have to be aware!

7. Membuat kulit dan bola mata jadi kuning

Penyakit Batu Empedu: 8 Gejalanya yang Perlu Diketahuihealthduniya.com

Terakhir, batu empedu bisa ditandai dari berubahnya warna kulit dan bola mata kita menjadi kuning! Laman Health menyebut bahwa perubahan ini bisa jadi tanda seseorang memiliki batu empedu.

Namun, jika disertai dengan nyeri perut dan penurunan berat badan, bisa jadi merupakan gejala kanker kandung empedu.

Nah, itulah 7 gejala yang merupakan pertanda batu empedu. Jangan buru-buru menyimpulkan sebelum memeriksakan diri ke dokter, ya!

Baca Juga: 7 Cara Menyembuhkan Batu Ginjal, Sayangi Salah Satu Organ Vitalmu Ini!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya