Comscore Tracker

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seks

Sebenarnya dia juga akan "senang", kok!

Melakukan hubungan seks dengan suami sendiri saat kamu tengah hamil boleh-boleh saja, kok. Namun, banyak pasangan yang masih ragu untuk melakukannya karena berbagai alasan. Apakah ini benar-benar boleh dilakukan? Apakah si bayi tidak akan merasa kesakitan? Apakah penetrasi tidak akan mengenai si bayi?

Kalau kamu punya pertanyaan seperti ini, tenang saja. Kamu tidak sendirian, kok. Nah, agar lebih jelas, simak informasi berikut ya!

1. Bayi berada di tempat yang aman dan terlindungi sangat baik

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksavawomen.com

Satu hal utama yang harus kamu dan pasangan ingat: bayi berada di dalam rahimmu dengan proteksi yang sangat bagus. Oleh karena itu, seks dengan penetrasi (bahkan sekalipun suami 'diberkahi' dengan ukuran yang besar) tidak akan menyakitinya buah hati.

Menurut John Hopkins Medicine, bayi diselimuti oleh air ketuban yang akan melindunginya dari berbagai cedera. Selain itu, menurut The Bump, bagian serviksmu mempunyai lapisan pelindung ekstra yang akan berkembang pada usia kehamilan 12 minggu. 

2. Si kecil akan ikut bergoyang

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksfeedbyme.com

Yah, mau tidak mau, saat kamu dan pasangan sedang menikmati momen dan berubah-ubah posisi, si kecil juga akan ikut bergoyang sesuai gerakan yang kalian lakukan. Namun, ini sama sekali bukan hal yang buruk.

Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Yale, Mary Jane Minkin, memastikan bahwa si kecil akan baik-baik saja dan tidak tahu apa yang tengah dilakukan oleh orang tuanya. Yah, anggap saja si kecil sedang kamu bawa menikmati bumpy ride yang menyenangkan!

3. Mendapat pelukan saat ibu mencapai orgasme

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksmamamia.com.au

Khawatir akan mengalami kontraksi yang membahayakan bila kamu mencapai orgasme? Tenang saja, yang seperti itu tidak akan terjadi kok.

Sebaliknya, saat kamu mencapai orgasme, si bayi seolah-olah merasa mendapat pelukan. Pasalnya, saat berada di titik puncak kenikmatan, rahimmu akan berkontraksi. Kondisi inilah yang justru akan membuat si kecil seperti mendapat pelukan hangat darimu. Kamu senang, pasangan senang, dan buah hati pun akan senang. Win-win solution, kan?

Baca Juga: 7 Kode Seksual Ini Bisa Kamu Gunakan ke Pasanganmu Saat Lagi "Turn On"

4. Tidak membuatmu melahirkan lebih awal

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksdentalq.es

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu pun tak perlu takut bila kontraksi karena orgasme akan membuatmu pergi ke rumah sakit lebih awal untuk melahirkan. Berdasarkan pernyataan Profesor Minkin, dalam kehamilan yang normal, orgasme tidaklah berbahaya maupun memicu kelahiran prematur.

5. Detak jantung tinggi bukan hal yang berbahaya

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksflo.health

Setelah melakukan seks, sama sepertimu, detak jantung bayi pun ikut berakselerasi. Beberapa orang merasa khawatir bahwa hal tersebut mengindikasikasikan adanya kondisi yang kurang baik pada si kecil.

Faktanya, bayi akan jadi lebih aktif setelah seks karena gerakan-gerakan yang membangunkan mereka. Detak jantung mereka pun meningkat menyesuaikan dengan detak jantung sang ibu. Jadi sebenarnya, tidak ada yang perlu kamu risaukan.

6. Kapan waktu untuk tidak melakukan seks saat hamil?

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksmedicalnewstoday.com

Secara umum, seks saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Hanya saja, kamu juga perlu lebih berhati-hati bila tengah mengalami kondisi tertentu. 

Hindari bercinta saat kamu memiliki problem dengan plasenta atau serviks, adanya keputihan atau keluar cairan yang tidak normal dari vagina, pendarahan setelah berhubungan seks, dan masalah yang serupa. Tentu saja, bila kamu mengalami hal-hal di atas, akan jauh lebih bijak dan aman jika segera berkonsultasi pada dokter kandungan.

7. Intinya, bayi akan aman dan senang, kok!

Lagi Hamil? 7 Hal Ini Dirasakan Janinmu Saat Kamu Berhubungan Seksparentmap.com

Dari berbagai penjelasan di atas, jelas bukan, bahwa seks saat hamil bukanlah hal yang tabu dan dilarang? Si kecil berada di tempat terbaiknya dan terlindungi dengan aman sekalipun merasa adanya 'guncangan' dari luar. Di samping itu, bila orangtuanya menikmati dan senang dengan aktivitas intim yang dilakukan, dia juga akan ikut senang kok!

Kini, tak perlu lagi takut dan cemas berlebihan bila kamu dan pasangan ingin menikmati romansa berdua di tengah kehamilan ya! Selamat bersenang-senang.

Baca Juga: Ajarkan Anakmu Edukasi Seks Sejak Dini, Begini 5 Cara Sesuai Tahapnya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You