Comscore Tracker

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!

Cara menghilangkan ketombe yang simpel

Ketombe di kulit kepala pasti rasanya sangat mengganggu. Apalagi ketika kamu harus berada di tempat yang panas, biasanya ketombe ikut-ikutan kumat rasa gatalnya. Pas lagi ngobrol sama gebetan, tiba-tiba garuk. Pas lagi meeting, tiba-tiba garuk-garuk.

So, pastikan juga ya kalau kamu sudah memiliki sampo yang tepat untuk merawat rambutmu. Kamu nggak bisa menganggap bahwa semua sampo itu sama, karena faktanya beda masalah rambut, berarti beda solusinya juga. Khusus kamu yang punya masalah dengan ketombe rambut, IDN Times punya solusinya nih: HEAD & SHOULDERS Shampoo Lemon Fresh Anti Dandruff.

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!IDN Times/HEAD & SHOULDERS

Sampo anti-ketombe ini terbukti dapat membersihkan kulit kepala dan rambutmu yang berminyak, sehingga rambutmu bisa tergerai bebas dengan aroma bersih dan segar yang tahan lama berkat formula lemonnya. Kenapa? Karena ternyata salah satu penyebab munculnya ketombe adalah kulit kepala yang kurang bersih dan terawat lho.

Daripada rasa gatalmu berlarut-larut dan menghancurkan reputasimu, kamu juga bisa ikuti 7 cara menghilangkan ketombe secara alami dan ampuh banget ini, dijamin gampang banget.

1. Dikenal sebagai obat buat jerawat, tea tree oil juga mengatasi ketombe. Kamu tinggal memijatkannya di kulit kepala saja

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!fragrantica.com.br

Siapkan tea tree oil secukupnya pada mangkuk kecil. Kemudian kamu bisa mencelupkan kapas ke dalamnya dan balurkan ke kulit kepala dengan tepuk-tepuk kecil kulit kepala. Jika sudah, pijat-pijat kulit kepalamu supaya kandungan tea tree oil menyerap. Namun berhati-hatilah buat pemilik kulit sensitif. Kamu harus mencampurkan tea tree oil dengan beberapa tetes minyak kelapa dulu agar tidak iritasi, makin kering, dan semakin gatal.

2. Cara menghilangkan ketombe lainnya adalah menggunakan minyak kelapa. Pada saat yang sama, ia juga melembabkan rambutmu

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!eatloco.org

Siapkan dua sendok makan minyak kelapa. Jika rambut sangat panjang, takaran minyak kelapa bisa kamu tambah. Dengan bantuan jari tangan, usapkan minyak kelapa pada akar hingga ujung rambut. Pijat-pijat selama lima menit dan akhiri dengan menutup kepala menggunakan shower cap.

Biarkan semalaman dan keramaslah seperti biasanya di keesokan hari. Psstt... Jangan lupa lakukan secara teratur hingga ketombemu hilang dan pastikan minyak kelapa oganik saja yang dipakai.

3. Sedang hangat di kalangan skincare enthusiast, lidah buaya ternyata bisa atasi ketombe juga lho!

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!Pexels/Cecília Tommasini

Persiapkan lidah buaya dengan ukuran sesuai rambutmu. Untuk yang rambut pendek, pakailah yang ukuran sedang. Untuk yang berambut panjang, pakailah yang lebih besar. Setelah kulitnya dikupas, ambil gelnya. Oleskan gel pada rambut serta kulit kepala. Pijat pelan-pilan dan diamkan selama 45 menit. Bilas air dingin tanpa sampo. Ketombe dan jamur akan menghilang karenanya.

4. Cuka apel memang beraneka manfaatnya. Mencampurkannya dengan sampo saja sudah bisa mengatasi gatal-gatal dan ketombemu

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!unsplash.com/rawpixel

Ada dua cara menggunakan cuka sari apel untuk hilangkan ketombe. Pertama, tambahkan beberapa sendok makan cuka ke sampomu dan gunakan untuk keramas. Kedua, campurkan dengan essential oil yang kamu miliki dalam botol semprot. Lantas, semprotkan campurannya ke rambutmu. Selain menghambat pertumbuhan jamur, cuka apel menghilangkan sel kulit mati dan menjaga pH kulit kepala.

Baca Juga: Selain NatRep, 7 Aloe Vera Gel Ini Bisa Dibeli dengan Harga Rp 100.000

5. Selama ini, aspirin hanya dikenal untuk sakit kepala. Padahal kandungan asam salisilatnya adalah musuh ketombe nih!

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!tr.eyeni.info

Siapkan dua tablet aspirin dan hancurkan keduanya hingga membentuk bubuk. Campurkan bubuk tadi cairan sampo. Gunakan untuk keramas dan rasakan manfaatnya. Selama ini, asam salisilat banyak digunakan pada sampo untuk ketombe karena khasiatnya yang efektif untuk gangguan kulit termasuk kulit kepala.

6. Baking soda disebut-sebut punya fungsi anti jamur. Karena itu, ia juga bisa mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!pexels.com/kaboompics

Baking soda dipercaya sebagai pengelupas kulit (eksfolian) yang cukup lembut mengangkat sel kulit mati. Ia juga mampu mengurangi gatal karena sifat anti jamurnya. Kamu bisa membubuhkan baking soda secukupnya di rambut basah. Kemudian pijat dan biarkan dua menit. Jika sudah, lanjutkan dengan berkeramas menggunakan sampo.

7. Kurangi tingkat stresmu, ya! Cara mudahnya adalah meditasi, stretching, tarik napas dalam-dalam, yoga, atau pakai aromatherapy

7 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami dan Ampuh, Gak Susah Kok!pexels/max nikhil

Stres memang gak berpengaruh langsung sama ketombe. Tapi stres dapat memperburuk gejala kering dan gatal-gatal di kulit kepala. Terlalu stres dalam jangka panjang juga mempengaruhi sistem imun. Imun yang melemah bisa membuat tubuh kurang mampu melawan infeksi jamur dan kondisi kulit yang berdampak pada ketombe.

Tujuh cara menghilangkan ketombe yang simpel seperti di atas ini bisa kamu lakukan di rumah lho, dengan bahan-bahan yang terjangkau. Ingat! Kamu harus melakukannya dengan telaten dan rutin. Gak bisa hanya sekali, langsung sembuh. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Micellar Water Ini Harganya Cuma di Bawah Rp 50.000 Saja!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto
  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Just For You