Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!

Usahakan dapur tetap bersih dan rapi, ya!

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang rentan memicu sumber bau tak sedap. Selain kotoran bekas memasak, terkadang kita juga sering menimbun sampah di dapur, bukan? Tak jarang kebiasaan inilah yang menjadi faktor penyebab bau tak sedap dari dapur. 

Kalau sudah begini, tentu kita pasti merasa tak nyaman saat berada di dapur. Selain itu, aktivitas memasak pun jadi malah terganggu oleh bau tak sedap. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal ini? Eits, gak perlu bingung, langsung saja simak solusinya di bawah ini. 

Baca Juga: 5 Bumbu Dapur Paling Favorit agar Masakan Makin Wangi dan Sedap

1. Pastikan ventilasi dapur berfungsi baik 

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!ilustrasi penempatan ventilasi di dapur (pexels.com/Polina Kovaleva)

Kunci utama yang perlu kamu pahami untuk mengurangi bau tak sedap di dapur adalah memastikan saluran udara berfungsi baik. Salah satunya dengan membuka ventilasi agar sirkulasi udara berjalan lancar, sekaligus mengatur pencahayaan agar lebih memadai.

Selain itu, dapur merupakan salah satu tempat yang rawan lembap dan pengap akibat uap yang ditimbulkan saat memasak. Jika ventilasi udara berfungsi dengan baik, maka berbagai aroma tak sedap yang berpotensi menyebar bisa teratasi dengan mudah. 

2. Manfaatkan lemon atau cuka

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!ilustrasi buah lemon (pexels.com/Lukas)

Selain memaksimalkan sirkulasi udara, kamu juga bisa menggunakan bahan alami di dapur untuk mengatasi masalah bau tak sedap. Salah satunya dengan menggunakan campuran cuka dan lemon.

Pada dasarnya, cuka dan lemon mampu berperan menyerap bau tak sedap, serta ampuh membersihkan peralatan dapur dengan baik. Kamu hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini ke dalam sabun cuci piring atau sabun pembersih lainnya agar noda kotor yang menimbulkan bau tak sedap bisa teratasi. 

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Ciptakan Dapur serta Ruang Makan Jadi Nyaman ala IKEA

3. Hindari menumpuk sampah sisa masakan

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!ilustrasi tumpukan sampah kotor (freepik.com/teksomolika)

Tempat sampah yang kamu letakkan di dalam dapur bisa jadi merupakan sumber bau tak sedap. Tentu hal ini harus segera diatasi, sebab dapat mencemari udara di dapur jadi kotor. Selain menimbulkan rasa tak nyaman, kita pasti juga merasa jijik jika dapur yang seharusnya jadi tempat bersih malah tercemar bau sampah, bukan?

Sebetulnya 'sah-sah saja' kalau kamu ingin meletakkan tempat sampah di dapur, asalkan jangan sampai menumpuk kotoran, ya. Usahakan kamu rutin membuang sampah, lalu letakkan arang di dalamnya. Fungsi arang sendiri dapat menyerap dengan cepat bau yang tak sedap di dapurmu. 

4. Jangan menyimpan makanan basi terlalu lama

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!ilustrasi membuang makanan basi (freepik.com/freepik)

Makanan atau sayur yang dibiarkan sampai berhari-hari di atas meja atau di dalam kulkas tentu lama-lama akan basi. Untuk itu, kamu perlu segera membersihkannya agar tidak menimbulkan bau busuk yang menganggu. 

Bersihkan juga kulkas secara berkala sambil mengecek apakah sayur yang kamu simpan masih segar atau sudah rusak. Jika dirasa sudah tidak layak untuk dikonsumsi, segera buang agar tidak mencemari bahan makanan yang lain.

5. Cuci piring yang sudah kotor 

5 Tips Sederhana Bikin Dapur Wangi dan Nyaman, Buang Tumpukan Sampah!ilustrasi piring kotor di atas wastafel (freepik.com/rawpixel.com)

Setelah selesai memasak atau menggunakan peralatan masak, jangan terbiasa menumpuk cucian kotor di dalam wastafel. Selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, hal ini juga dapat mengundang lalat, tikus, dan serangga lainnya masuk ke dalam dapur.

Upayakan untuk selalu mencuci peralatan masak dan piring setelah selesai digunakan. Jika masih ada noda membandel atau bau yang susah dihilangkan, coba gunakan bahan alami, seperti baking soda, lemon, atau cuka.

Dapur yang bersih dan wangi tentu mampu membuat suasana rumah jadi terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Biar aktivitasmu gak lagi terganggu, coba terapkan tips sederhana di atas agar dapur lebih wangi dan bebas dari bau tak sedap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wangi Parfum untuk Dipakai ke Masjid, Bikin Nyaman!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya