Comscore Tracker

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluarga

Tetap kuat, tetap semangat!

Tulang punggung keluarga tidak lagi identik dengan seorang ayah. Siapa saja bisa menjadi tulang punggung gak terkecuali seorang anak. 

Meski tanggung jawab ini sangat mulia, ada saja hal-hal tidak menyenangkan yang dirasakan oleh tulang punggung keluarga. Mungkin satu diantaranya pernah kamu rasakan.

1. Ada atau tidak adanya uang, kamu dituntut untuk selalu memberi

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/HeatherPaque

Sebagai tulang punggung, kamu dituntut untuk selalu ada dalam menafkahi keluarga. Keinginan anggota keluarga sudah menjadi kewajiban penting yang harus kamu penuhi.

Terkadang juga harus lari ke sana kemari dan mengorbankan banyak hal demi memenuhi hak setiap anggota keluarga. Semoga hidupmu selalu dilimpahi rezeki, ya!

2. Terkadang jerih payahmu sama sekali tidak dihargai sama keluarga sendiri

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/MabelAmber

Meski sudah bersusah payah dan lelah. Perjuanganmu belum tentu dihargai oleh mereka. Ada saja cemoohan dan hinaan yang datang karena menganggapmu tidak bisa diandalkan.

Tetapi omongan mereka tidak pernah kamu hiraukan dan hanya angin lalu. Kamu terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi demi bisa diandalkan oleh mereka yang tidak bisa menghargaimu.

3. Pemberianmu tidak selalu dibalas dengan kebaikan

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/wokandapic

Kebaikan tidak akan selalu dibalas dengan kebaikan. Sesekali kamu harus menerima kenyataan bahwa keluarga sendiri tidak mampu menolongmu dalam kesulitan. Kamu merasa tersisih dan diabaikan saat sakit. Atau pendapatmu sama sekali tidak didengar.

4. Mereka menganggapmu manusia terkuat yang tidak butuh perhatian

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/silviarita

Saking seringnya kamu tampil sempurna dan tanpa cela dalam memberi, kamu dianggap manusia kuat yang tidak butuh lagi kasih sayang. Padahal sebenarnya kamulah orang yang paling menginginkan untuk disayang dan dimanja.

Baca Juga: 8 Quotes Ajaib yang Membuatmu Jauh Lebih Optimis dalam Hidup

5. Rasa iri dan dengki terkadang menguasai mereka saat kamu dekat dengan orang baru

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/Glady

Perasaan iri dan dengki akan muncul saat ada orang baru yang masuk ke dalam kehidupanmu. Mereka takut kamu tidak peduli lagi dan lebih memberikan apa yang kamu punya kepada orang baru tersebut. Rasa iri terkadang membuatmu serba salah dan bijak dalam memberi.

6. Sering dicap tidak adil sama keluarga sendiri

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/StockSnap

Pemberianmu terkadang dianggap tidak adil oleh satu pihak. Dan kamu selalu menjadi orang yang disalahkan dalam segala situasi. Keinginan mereka untuk mendapatkan hal yang sama semakin membebanimu untuk bersikap adil dan berhati-hati dalam memberi.

7. Perjuanganmu untuk membahagiakan keluarga tidak sebanding dengan balasan yang kamu terima, tapi kamu tetap bertahan

7 Hal Tidak Menyenangkan Saat Kamu Jadi Tulang Punggung Keluargapixabay/Free-Photos

Menjadi tulang punggung memang tidak menyenangkan, ada saja hal-hal yang menguji hati dan pikiran. Perjuanganmu untuk membahagiakan orang lain tidak selalu mudah dan indah. Tetapi niat mulia akan terus membuatmu bertahan untuk terus kuat dan tegar.

Jika sekarang kamu sedang menjadi tulang punggung, bersabar dan percayalah bahwa perjuanganmu takkan sia-sia. Kebaikanmu akan berbuah manis.

Baca Juga: Saat Gak Dihargai, Ini 6 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Renungkan

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You