Comscore Tracker

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puas

Catat baik-baik!

Untuk mencapai sebuah keinginan bukanlah perkara yang mudah. Perlu perjuangan keras yang tidak gampang untuk dilalui. Kamu harus mampu melewati rintangan demi rintangan yang kerap menghadang. Melawan rasa malas dan putus asa pun harus bisa kamu taklukan. Karena semua hal itu bisa menjadi jembatanmu untuk menuju puncak impian.

Perjuangan yang begitu meletihkan akan terbayar jika kamu mampu mengalahkan semua tantangan. Berbanggalah kamu yang berhasil meraih apa yang diinginkan. Tetapi jangan pernah cepat merasa puas dengan hasil yang sudah kamu raih tersebut. Karena itu semua bukan akhir dari proses perjalananmu menuju titik puncak.

Jika kamu cepat merasa puas maka kamu hanya bisa menikmati kesuksesanmu dalam waktu yang singkat. Jadi pastikan kamu mampu menghalau rasa cepat puas tersebut agar kamu tidak merasakan 5 kerugian seperti berikut.

1. Kepuasan membuatmu terlena sehingga kamu tidak ingin melakukan hal yang lain

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puasunsplash.com/Brooke Cagle

Pencapaian yang kamu dapatkan saat ini memang hal yang patut untuk diapresiasi. Namun jangan karena sudah berhasil mendapat apa yang kamu inginkan lantas membuatmu berhenti disitu karena telah merasa puas. Padahal jika kamu memilih untuk lanjut dan memenuhi rasa penasaran untuk mencoba hal baru maka kamu akan berada di titik yang lebih tinggi dari saat ini.

2. Muncul sifat sombong di dalam dirimu

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puasunsplash.com/Tamara Bellis

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa bangga pasti akan memenuhi perasaanmu saat kamu berhasil meraih apa yang diimpikan. Kerap memuji diri sendiri pun akan kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan bagi dirimu yang telah berhasil melewati rintangan. Hingga akhirnya rasa bangga dan kebiasaan memuji diri sendiri akan membuatmu menjadi orang yang besar kepala. Hal itu terjadi karena kamu cepat merasa puas.

3. Kamu akan terkejar oleh yang lain hingga tak mampu mengunggulinya

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puaspixabay.com/DanaTentis

Kesuksesan yang kamu raih akan menjadi hal yang luar biasa bagimu dan orang terdekatmu. Namun kesuksesan yang kamu raih juga bisa menjadi hal yang biasa saat kamu terkejar oleh yang lain hingga tak mampu mengunggulinya lagi karena sudah terlena dengan rasa puas. Kepuasanlah yang membuat semangatmu turun hingga merasa tak ada gairah lagi untuk mengejar ketertinggalan.

Baca Juga: Tanpa Disadari, Ini 6 Alasan Kamu Merasa Tidak Puas dengan Hidup Ini

4. Rasa puas akan menyebabkanmu patah harapan

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puasunsplash.com/Alexander Shustov

Saat kamu sudah merasa cukup puas dengan hasil yang kamu dapat disitulah rasa malas bisa merasuki dirimu. Karena ketika sudah merasa puas pasti kamu tak ingin melakukan hal lain lagi. Hingga akhirnya kamu akan merasa patah harapan untuk meraih kesuksesan yang sesungguhnya.

5. Menutup kesempatan untuk lebih mengembangkan potensi diri

5 Kerugian yang Kamu Dapat Saat Cepat Merasa Puasunsplash.com/christian ferrer

Cepat merasa puas bisa saja menutup kesempatan kamu untuk mengembangkan potensi diri. Saat kamu menekuni sebuah bidang dan merasa cukup dengan hasil yang sudah diraih maka kamu tidak bisa merambah ke bidang lain yang sekiranya kamu memiliki potensi di dalamnya. Padahal sebenarnya saat kamu memutuskan untuk lanjut, bisa saja kamu akan lebih sukses saat mampu terjun ke hal yang baru karena ternyata kamu memiliki potensi di sana yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya.

Itulah 5 kerugian yang kamu dapat saat cepat merasa puas. Rasa puas memang terkadang kamu butuhkan agar bisa mensyukuri dan memuji pencapaianmu. Namun jangan berlama-lama merayakan kemenanganmu jika kamu ingin meraih sesuatu yang lebih baik lagi dari hari ini.

Baca Juga: 8 Alasan Krusial Kenapa Kamu Perlu Menghindari Sifat Berpuas Diri 

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya