Comscore Tracker

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhana

Finlandia menempati posisi ke-1 pada World Happiness Report

Memiliki hidup yang bahagia tentunya menjadi dambaan setiap orang. Kebahagiaan dapat diciptakan sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Agar hidup bahagia, kita bisa memulainya dengan melakukan hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari seperti apa yang dilakukan oleh masyarakat Finlandia.

Diketahui bahwa Finlandia menempati peringkat ke-2 pada World Happiness Report tahun 2018, setahun kemudian Finlandia naik menempati peringkat pertama. Lalu pada 2020 dan 2021, Finlandia kembali menempati posisi pertama sebagai negara yang penduduknya paling bahagia di dunia.

Lantas apa yang menjadi rahasia hidup bahagia penduduk Finlandia? Dilansir Condé Nast Traveler, berikut ini lima rahasia hidup bahagia ala orang Finlandia.

1. Mandi air dingin di pagi hari

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhanailustrasi sedang mandi (pixabay/wilkernet)

Masyarakat Finlandia beranggapan bahwa berenang di musim dingin merupakan aktivitas yang menyenangkan. Bahkan di Finlandia ada spa yang menawarkan kegiatan berenang di es, lengkap dengan fasilitas bergaya dengan lampu bawah air.

Meskipun begitu, masih banyak warga Finlandia yang lebih suka terjun dengan cara tradisional seperti berenang di danau yang membeku pada pagi hari. Mereka percaya bahwa menyelam ke perairan gelap sebelum matahari terbit terasa seperti mendapatkan gelombang kebahagiaan yang besar.

Jika kamu ingin meniru kebiasaan ini, cara mudah untuk melakukanya di rumah adalah dengan mandi air dingin di pagi hari. Sensasi setelah mandi air dingin akan sama seperti yang dialami saat berenang musim dingin di Finlandia.

2. Membaca buku setiap hari

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhanailustrasi membaca buku (pexels.com/Negative Space)

Masyarakat Finlandia mayoritas rajin membaca, bahkan PBB menobatkan Finlandia sebagai negara paling melek huruf di dunia pada 2016. Selain itu, masyarakat Finlandia banyak menghabiskan waktu di perpustakaan umum, diketahui bahwa masyarakat Finlandia meminjam hampir 68 juta buku per tahun. Padahal jumlah penduduk Finlandia hanya 5,5 juta orang.

Membaca buku setiap hari diketahui bermanfaat untuk mengurangi stress. Maka tidak heran jika penduduk Finlandia dinobatkan sebagai penduduk yang paling bahagia di dunia. Setelah mengetahui manfaatnya, kamu juga bisa mulai membiasakan diri membaca buku, nih.

3. Mengunjungi hutan, bahkan secara virtual sekalipun

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhanailustrasi menjelajah alam seorang diri (unsplash.com/Thom Holmes)

Menghabiskan waktu di antara pepohonan adalah salah satu hal terbaik bagi masyarakat Finlandia. Mereka telah lama percaya bahwa jiwa mereka terkait dengan hutan dan elemen magisnya. Penelitian telah membuktikan bahwa menghabiskan waktu di hutan dapat menurunkan kortisol (hormon stres utama), tekanan darah, dan detak jantung.

Suara gemerisik daun yang lembut dan dari warna hijau daun diketahui dapat mengurangi stres. Di masa pandemi ini apabila tidak memungkinkan untuk pergi ke hutan secara langsung, maka hal ini dapat dilakukan secara virtual.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Self-Talk Positif, Bikin Hidup Bahagia

4. Memanggang roti gulung

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhanailustrasi cinnamon buns (unsplash/Mark Olsen)

Tradisi lain yang digemari penduduk Finlandia adalah coffee break. Masyarakat Finlandia akan meluangkan waktu dari hari mereka untuk menikmati kopi kental yang dipadukan dengan camilan manis seperti roti gulung atau cinnamon buns yang dipanggang dengan sejumput kapulaga dan ditaburi butiran gula mutiara yang kental.

Memanggang cinnamon buns setiap pagi dapat memuaskan hati masyarakat Finlandia sehingga membangkitkan perasaan senang. Bahkan hampir setiap kafe di Helsinki pada pagi hari menyediakan cinnamon buns yang baru dipanggang. 

5. Mengunjungi museum, baik secara langsung ataupun virtual

5 Tips Hidup Bahagia ala Orang Finlandia, Ternyata Sederhanailustrasi museum (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Seni kontemporer berkembang pesat di Finlandia, terdapat lebih dari 55 museum seni yang tersebar di kota-kota besar FInlandia. Hal ini sangat mengesankan mengingat populasi masyarakat Finlandia yang tidak banyak. 

Mengunjungi museum bagi masyarakat Finlandia memiliki efek yang sama seperti berenang pada musim dingin atau mengunjungi hutan. Masyarakat Finlandia menggunakan seni untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Jika tidak memungkinkan untuk keluar rumah akibat pandemi, kegiatan ini bisa dilakukan secara virtual.

Itu dia lima tips hidup bahagia ala orang Finlandia. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 9 Fakta Kaffeost, Kopi Keju Khas Finlandia dengan Rasa yang Unik 

Latisha Asharani Photo Writer Latisha Asharani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya