Comscore Tracker

5 Rukun Khutbah Jumat dan Bacaannya

#RamadanDiRumah Lebih banyak tahu agar lebih berkah

Pada hari Jumat, ada salah satu kewajiban bagi lelaki muslim yaitu melaksanakan sholat Jumat yang dilakukan pada waktu zuhur. Sholat ini memiliki banyak keutamaan, yaitu menghapuskan dosa dan pada setiap langkah yang ditempuh untuk sholat Jumat, dijanjikan pahala yang sebanding dengan puasa dan sholat selama satu tahun.

Saat sholat Jumat selalu diawali dengan khutbah Jumat. Berikut ini 5 rukun khutbah Jumat yang harus dipenuhi oleh khatib!

1. Melakukan Pujian untuk Allah SWT

5 Rukun Khutbah Jumat dan Bacaannyaunsplash/Masjid Pogung Dalangan

Seperti yang dijelaskan oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, saat khutbah, lakukanlah pujian untuk Allah adalah dengan mengucapkan lafaz seperti "Alhamdulillah", "Nahmadu lillah", "Lillahi al hamdu", "Innalhamda lillah", "Hamidu Allah", dan bisa juga dengan "Asy-syukru lillahi".

2. Membaca Sholawat Kepada Nabi Muhammad SWA

5 Rukun Khutbah Jumat dan BacaannyaPinterest/art

Selawat bisa diawali dengan kata "Al shalatu" dan penyebutan nama Nabi Muhammad bisa mengunakan "Muhammad", "al Rasul", "Ahmad", "al-Basyir", "al-Nadzir". Misalnya dengan mengucapkan "Ash shalatu 'alan Nabi", "Ana mushallin 'ala Muhammad", dan "Ana ushalli 'ala Rasulillah".

3. Berwasiat dan Mengajak Ketakwaan

5 Rukun Khutbah Jumat dan BacaannyaPinterest/art

Rukun yang ketiga ini memiliki prinsip berupa pesan kebaikan yang mengajak ketaatan. Di dalamnya harus terdapat pesan kebaikan, seperti mengajak pada ketakwaan dan menjauhi kemungkaran. 

Misalnya, seperti mengucapkan "Athiullaha" yang berarti "taatilah Allah",  "Ittaqullaha" yang artinya "bertakwalah pada Allah", atau "Inzajiru 'anil makshiyat" yang artinya "jauhilah maksiat".

Baca Juga: 7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haid

4. Membaca Ayat Suci Al-Qur'an

5 Rukun Khutbah Jumat dan BacaannyaPexels/Tayeb Mezahdia

Rukun selanjutnya adalah membaca ayat suci Al-Qur'an pada salah satu khotbah. Ayat suci ini harus dibaca setidaknya satu kalimat lengkap jika diartikan.

Jadi, bukan potongan ayat yang jika diartikan, tidak dapat dipahami apa maksudnya. Membaca ayat Al-Qur'an ini diutamakan pada khotbah pertama.

5. Berdoa untuk Kaum Mukmin

5 Rukun Khutbah Jumat dan BacaannyaPexels/Chattrapal Singh

Pemilihan doa pada rukun terakhir ini, disyariatkan berisi sesuatu yang berhubungan dengan akhirat. Misalnya, "Allahumma ajirna minannar" yang artinya "ya Allah semoga Engkau menyelamatkan kami dari neraka" atau  "Allahumma ighfir lil muslimin wal muslimat" yang artinya "ya Allah ampunilah kaum muslimin dan muslimat".

Itulah 5 rukun khutbah jumat yang harus dipenuhi oleh seorang khatib. Semoga turut membantu kelancaran ibadahmu selama Ramadan, ya!

Baca Juga: Tata Cara Tayamum dan Salat di Dalam Kendaraan, Ibadah Dipermudah!

Topic:

  • Nadin Azani
  • Febriyanti Revitasari
  • Jumawan Syahrudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya