Comscore Tracker

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerah

Yuk, dongkrak lagi semangat menjalani kehidupan!

Sebagai manusia yang gak sempurna, wajar bila merasa kecewa saat menghadapi kegagalan. Gak apa-apa juga untuk berhenti sebentar sebelum akhirnya kembali melangkahkan kaki. Sayangnya, gak semua orang memiliki mental yang sama dalam menghadapi kegagalan. 

Beberapa orang justru memilih untuk menyerah dan memaknai kegagalan sebagai akhir dari kehidupan hingga akhirnya menjadi terpuruk dengan keadaan. Padahal hidup selalu memberi kesempatan untuk orang yang berusaha. 

Nah, buat yang lagi kecewa dengan kehidupan dan merasa kehilangan arah, kamu wajib tahu lima quotes inspirastif dari Buya Hamka berikut ini. Kutipan inspiratif dari ulama sekaligus sastrawan legendaris Tanah Air ini bisa bikin si suka menyerah jadi tertampar.

1. Kalau hidup sekadar hidup, babi hutan juga hidup

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerahilustrasi merenung (pixabay.com/vdnhieu)

"Kalau hidup hanya sekedar hidup, babi hutan juga hidup. Kalau bekerja hanya sekedar bekerja, kera juga bekerja."

Sebagai manusia kamu harus bisa memaknai kehidupan lebih dari sekedar hanya hidup dan bekerja dengan melibatkan akal yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya.

Hidup memang gak pernah berjalan sesuai dengan kehendak. Sebab itulah manusia dianugerahi akal untuk berpikir mana yang baik dan gak baik untuk dilakukan. Meski gak bersinar seperti manusia lain, jadilah yang selalu memberi manfaat. 

2. Biarkan kemudi patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia daripada membalik haluan pulang

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerahilustrasi waktu (pixabay.com/OyeHaHa)

Hidup memang gak selamanya indah. Untuk itu dibutuhkan keberanian dan sifat pantang menyerah agar tujuan hidup tercapai.

Seperti pertempuran di medan perang, prajurit yang tumbang selepas perjuangannya jauh lebih mulia dari pada prajurit yang selamat karena lari meninggalkan medan peperangan, begitulah seharusnya caramu menghadapi kenyataan. Ingat, gak ada satu usaha pun yang sia-sia di dunia ini, selalu ada hikmah yang bisa diambil. 

Baca Juga: 5 Hal yang Pantang Dilakukan pada Teman, Bisa Merusak Hubungan Baik!

3. Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh 

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerahilustrasi berjuang (pixabay.com/geralt)

"Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagah, hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah kedua."

Jatuh, gagal, dan membuat kesalahan merupakan bagian dari hidup yang pasti akan dilalui oleh orang-orang yang sukses. Hanya orang-orang yang tidak pernah mencoba saja yang tidak pernah jatuh, gagal, dan berbuat salah. 

Ingat, gagal bukan merupakan akhir dari segalanya, melainkan sebuah peringatan manis untuk melakukan introspeksi diri. Hidup gak selamanya tentang kamu. Semua orang juga berjuang dengan usaha dan doa terbaik.

Kalau hari ini kamu gagal dan orang lain berhasil, artinya memang usaha serta doa mereka lebih baik darimu. Bisa jadi Tuhan juga tengah menyiapkan rencana indah lain yang terbaik untukmu. Hidup memang selalu penuh dengan kejutan.

4. Tugas kita bukanlah untuk berhasil

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerahilustrasi bekerja (pexels.com/Cristian Rojas)

"Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil."

Dalam hidup, kamu pasti dihadapkan dengan dua hasil akhir, yaitu berhasil dan gagal. Meski sudah memahami kalau kedua hal tersebut selalu berdampingan, masih ada saja orang-orang yang hanya memandang keberhasilan sebagai hasil akhir hingga akhirnya tidak siap menghadapi kegagalan. 

Supaya hal tersebut gak terjadi padamu, kamu hanya perlu melakukan usaha dan doa terbaik atas suatu tujuan tanpa menaruh ekspektasi apa pun. Hal ini pun nantinya membuat kamu jadi lebih siap menghadapi kegagalan. Lagi, kegagalan juga bukan merupakan suatu hal yang harus ditakuti, sebab kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk kembali mencoba.

5. Jangan tangisi yang telah hilang, tapi syukuri yang masih ada 

5 Quotes Inspiratif Buya Hamka, Tamparan untuk Si Tukang Menyerahilustrasi menikmati hidup (pixabay.com/Ildigo)

"Jangan tangisi yang telah hilang, tapi syukuri yang masih ada."

Kehilangan memang selalu menyakitkan, tapi jangan biarkan juga kehilangan merenggut kebahagiaanmu. Sebagai makhluk yang berakal, kamu juga harus menyadari bahwa setiap apa pun yang ada di dunia ini adalah titipan dan bisa direnggut dalam sekejap mata. 

Merelakan dan menjalani apa yang ada di depan mata akan membuat hidup terasa lebih ringan daripada terus meratapi kehilangan. Jadilah manusia yang pandai bersyukur atas semua karunia yang telah diberikan Tuhan. 

Hidup itu memang keras. Namun, bukan berarti kamu bisa selalu menyerah. Kamu harus tetap menjalani kehidupan ini dengan penuh, karena apa pun yang kamu cita-citakan di masa depan sedang dipersiapkan dengan baik juga oleh Tuhan.

Baca Juga: 5 Quotes Imam Al-Ghazali tentang Kehidupan, Penuh Makna!

Raina Zaakiyah Photo Verified Writer Raina Zaakiyah

Don't expect. Just do ur best :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya