Comscore Tracker

35 Ayat Alkitab tentang Memberi, Mari Berbagi dengan Sesama

Jangan pelit, ya!

Setiap manusia memiliki nasib yang berbeda-beda. Ada yang dilebihkan Tuhan, sedangkan yang lain diuji dengan kekurangan. Kepada saudara yang kekurangan inilah kita ditugaskan untuk membantu mereka, yakni dengan cara memberi.

Berikut ini 35 ayat Alkitab tentang memberi yang mengajarkan kita untuk senantiasa berbagi dan mengasihi sesama. Yuk, simak ulasannya!

1. Ayat Alkitab tentang perintah memberi dan mengasihi sesama

35 Ayat Alkitab tentang Memberi, Mari Berbagi dengan Sesamailustrasi berbagi dengan sesama (Unsplash.com/Joel Muniz)

Setiap manusia tak ayalnya adalah saudara. Apabila ada yang merasa kesakitan, maka kita juga harus membantunya. Perintah Tuhan tentang memberi dan mengasihi sesama terkandung di banyak ayat dalam Alkitab. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1). Ibrani 13:16
"Janganlah kamu lupa berbuat baik dan membagikan apa yang kamu miliki karena kurban seperti itulah yang menyenangkan Allah."

2). Ulangan 15:11
"Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu."

3). 1 Yohanes 3:17
"Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan, tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?"

4). Efesus 4:28
"Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan."

5). 1 Timotius 6:17–19
"Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi, dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya."

6). Matius 6:19–20
"Janganlah kamu mengumpulkan harta di Bumi; di Bumi, ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya, tetapi kumpulkanlah bagimu harta di surga; di surga, ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya."

7). 1 Korintus 12:25–26
"Supaya tidak ada perpecahan dalam tubuh, melainkan supaya anggota-anggota itu dapat memperhatikan satu dengan yang lain. Jika satu anggota menderita, semua anggota menderita bersamanya. Jika satu anggota dimuliakan, semua anggota bersukacita bersamanya."

8). Roma 12:15–16
"Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!"

9). Galatia 6:6
"Siapa yang mendapat pengajaran dari firman Allah, haruslah ia membagikan semua hal yang baik itu dengan orang yang mengajarnya."

10). Kisah Para Rasul 4:32–35
"Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun yang berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. Dan dengan kuasa yang besar, rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Sebab, tidak ada seorang pun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya."

11). Mazmur 37:21
"Orang fasik meminjam, tetapi tidak membayar ganti, tetapi orang benar berbelaskasihan dan memberi."

12). Mazmur 104:28
"Saat Engkau memberikannya kepada mereka, mereka mengumpulkannya; saat Engkau membuka tangan-Mu, mereka akan dipuaskan dengan kebaikan."

2. Ayat Alkitab tentang memberi kepada orang miskin hingga musuh sekalipun

35 Ayat Alkitab tentang Memberi, Mari Berbagi dengan Sesamailustrasi masyarakat miskin (Pixabay.com/billycm)

Agama memerintahkan kita agar selalu membuka mata kepada mereka yang membutuhkan. Namun, bukan hanya kepada saudara kita yang miskin saja, kepada musuh pun kita juga tetap harus berbagi dan berbuat baik. Di bawah ini adalah ayat-ayat yang menjelaskan hal tersebut:

1). Ulangan 15:7–8
"Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu, tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan."

2). Kisah Para Rasul 20:35
"Dalam segala hal, aku telah menunjukkan kepadamu bahwa dengan bekerja keras seperti cara ini, kita harus menolong yang lemah dan mengingat perkataan Tuhan Yesus bahwa Ia sendiri berkata, 'Lebih berbahagia memberi daripada menerima.'"

3). Lukas 3:11
"Ia menjawab, 'Setiap orang yang mempunyai dua baju, ia harus membaginya dengan orang yang tidak mempunyai. Dan setiap orang yang mempunyai makanan, harus melakukan hal yang sama.'"

4). Roma 12:13
"Ambillah bagian dalam mencukupi kebutuhan orang-orang kudus, berusahalah untuk menunjukkan keramahan."

5). Yesaya 58:7
"Supaya engkau memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa ke rumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabila engkau melihat orang telanjang supaya engkau memberi dia pakaian dan tidak menyembunyikan diri terhadap saudaramu sendiri!"

6). Lukas 6:27
"Akan tetapi, Aku berkata kepada kamu yang mendengarkan Aku. Kasihilah musuhmu dan berbuat baiklah kepada orang yang membencimu."

7). Roma 12:20
“Sebaliknya, jika musuhmu lapar, berilah ia makan, dan jika musuhmu haus, berilah ia minum. Dengan melakukan ini, kamu akan menumpuk bara api di atas kepalanya."

Baca Juga: 35 Ayat Alkitab tentang Iman untukmu Bangkit dari Keterpurukan

3. Ayat Alkitab tentang memberi dengan cara murah hati

35 Ayat Alkitab tentang Memberi, Mari Berbagi dengan Sesamailustrasi berbagi dengan sesama (Freepik.com/freepik)

Memberi sebagian yang kita punya tidak boleh dilakukan dengan terpaksa atau bersungut-sungut, melainkan dengan kerelaan hati. Berikut ayat-ayat yang memberikan pengajaran dengan cara memberi yang benar:

1). Ulangan 15:10
"Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah Tuhan, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu.

2). 2 Korintus 9:7
"Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."

3). Matius 6:1–2
"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di surga. Jadi, apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

4). Matius 6:3–4
"Akan tetapi, ketika kamu memberi sedekah, jangan biarkan tangan kirimu mengetahui apa yang tangan kananmu lakukan supaya sedekahmu itu tersembunyi dan Bapamu yang melihat yang tersembunyi itu akan memberikan upah kepadamu."

5). Lukas 19:8
"Kemudian, Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan, 'Tuhan, lihatlah, separuh dari hartaku akan kuberikan kepada orang miskin, dan jika aku telah menggelapkan harta seseorang, aku akan mengembalikannya empat kali lipat.'"

6). Lukas 21:1–4
"Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. Lalu, Ia berkata, 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. Sebab, mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.'"

7). Matius 26:6–13
"Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. Melihat itu, murid-murid gusar dan berkata, 'Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.' Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata, 'Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya, di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.'"

8). Imamat 25:36–37
"Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba daripadanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba."

4. Ayat Alkitab tentang imbalan dari berbagi dengan sesama

35 Ayat Alkitab tentang Memberi, Mari Berbagi dengan Sesamailustrasi hati (Freepik.com/jcomp)

Mungkin, kita mengira bahwa mengeluarkan sebagian harta malah membuat kita miskin. Padahal, dengan memberi, Tuhan akan semakin melimpahkan rezeki kita. Di bawah ini merupakan ayat-ayat Alkitab yang memberitahu imbalan dari memberi:

1). Amsal 22:9
"Orang yang baik hati akan diberkati karena ia membagi rezekinya dengan si miskin."

2). Amsal 11:17
"Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri."

3). Amsal 11:24–25
"Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum."

4). Amsal 19:17
"Barangsiapa yang mengasihani orang miskin, ia itu memberi pinjam kepada Tuhan, maka Tuhan pun akan membalas kebajikannya."

5). Matius 5:7
"Berbahagialah orang yang murah hatinya karena mereka akan beroleh kemurahan."

6). Mazmur 112:5
"Baiklah keadaan orang yang penuh belas kasihan dan yang suka memberi pinjaman, yang menangani urusannya dengan adil."

7). 2 Korintus 9:6–8
"Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam berbagai kebajikan."

8). 2 Korintus 9:10–11
"Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami."

Lewat 35 ayat Alkitab tentang memberi di atas, kita bisa belajar bahwa sangat penting untuk membagikan sebagian harta kepada mereka yang membutuhkan. Selain itu, tak ada kerugian dari berbagi, melainkan imbalan dari Tuhan.

Baca Juga: 18 Ayat Alkitab tentang Mengasihi Sesama, Sekalipun pada Musuh

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya