Comscore Tracker

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptis

Berani coba?

Berpikir skeptis berarti tidak mudah percaya terhadap hal-hal yang belum pasti kebenarannya. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa hal ini jika dilakukan akan menghasilkan manfaat yang banyak. Di Indonesia sendiri, orang-orang cenderung menghakimi sesuatu padahal belum pasti benar atau salah.

Budaya seperti itu sebenarnya harus dihilangkan jika ingin Indonesia bisa maju dalam hal kualitas SDM. Mulailah dari dirimu sendiri dalam mempraktikan hal ini agar banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja manfaatnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Membuatmu lebih bijaksana dalam menghadapi masalah

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptisunsllash.com/lesly juarez

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya tanpa terkecuali. Namun kemampuan untuk menghadapi masalah tersebut pastilah berbeda-beda. Ada yang memiliki hati cukup kuat dalam menghadapi masalah seberat apapun, ada juga yang sangat rapuh ketika dihadapkan pada masalah kecil.

Sebenarnya ada satu hal yang bisa membuat orang menyelesaikan masalahnya dengan mudah, yaitu menggunakan kebijaksanaan. Kebijaksanaan itu sendiri akan mudah didapat jika kamu terbiasa untuk bersikap skeptis dalam menghadapi suatu hal. Kamu tidak akan mudah down hanya karena sebuah masalah yang belum tentu kepastiannya.

2. Mudah terhindar dari berita hoaks

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptisunsplash.com/max muselmann

Pesatnya perkembangan teknologi membuat kegiatan distribusi berita semakin mudah. Namun banyak orang yang menyalahgunakan kemudahan tersebut hanya untuk kepentingan pribadi. Salah satu buktinya adalah di luar sana banyak orang yang suka menyebarkan berita hoaks hanya untuk membuat kegaduhan.

Tidak jarang pula masyarakat yang termakan akan hal buruk tersebut karena merea terbiasa menerima informasi secara mentah-mentah. Namun jika dirimu sudah membiasakan diri untuk berpikir skeptis, maka kemungkinan besar kamu tidak akan mudah terpancing untuk mempercayainya.

3. Orang lain akan segan terhadapmu

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptisunsolash.com/priscilla du preez

Tak banyak orang tau bahwa selalu membiasakan diri untuk berpikir skeptis dapat menaikkan derajat di lingkungan masyarakat. Hal itu dapat dibuktikan ketika masyarakat telah terbiasa melihat keputusan bijakmu dalam menghadapi masalah yang beredar.

Orang-orang akan beranggapan bahwa semua hal yang kamu putuskan atau beritakan pasti sudah terjamin kebenarannya. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak selalu mempercayai terhadap sesuatu yang belum diketahui bukti secara riilnya jika ingin dirimu lebih terpandang di mata orang-orang.

Baca Juga: 6 Karakter Cowok Imut yang Hanya Ada di Anime, Bikin Cewek Gemas!

4. Kepuasan batin ketika bisa mengetahui kebenaran yang sesungguhnya

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptisunsplash.com/samuel raita

Berpikir skeptis bukan hanya tidak mempercayai sesuatu yang belum terbukti, tetapi ada usaha untuk membuktikannya sendiri agar kepuasan batin bisa tercipta. Itu semua sama halnya dengan ketika kamu menjawab soal ujian di bangku sekolahan dan berhasil melakukannya, pasti dirimu akan sangat puas, bukan?

Oleh karena itu, berpikir skeptis ini juga dapat membuat kebahagiaan dalam diri. Jangan ragu-ragu untuk mulai melakukan hal tersebut karena tidak ada dampak buruk yang akan kamu dapatkan. Jika kamu telah melakukannya, siap-siap untuk merasakan manfaatnya yang sangat super.

5. Menghindari kebiasaan buruk selalu menghakimi orang lain tanpa bukti

5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptisunsplash.com/Icons8 Team

Realita di dalam masyarakat adalah banyak orang yang senang menghakimi kesalahan pihak lain tanpa peduli benar atau salah. Kebiasaan suka menghakimi tersebut bisa saja berdampak buruk pada si korban. Salah satu contohnya adalah dia bisa stres dan terdorong melakukan hal yang tak diinginkan.

Oleh karena itu selalu berpikir skeptis akan membentengimu dari terciptanya hal buruk tersebut. Jangan mudah menghakimi orang tanpa diketahui kebenarannya karena itu merupakan hal yang sangat buruk. Ingatlah bahwa jika kamu ingin diperlakukan dengan baik, maka perlakukanlah orang lain dengan baik pula.

Itulah kelima manfaat yang akan kamu dapatkan jika membiasakan diri untuk berpikir skeptis dalam menghadapi sebuah isu. Sudah tidak ragu lagu untuk segera mencobanya, bukan?

Baca Juga: [OPINI] Kendalikan dan Kuasai Diri Sendiri Lewat Filosofi Stoisisme

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya