Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!

Tidak akan selesai jika kamu terus mengikuti gengsi

Simak beberapa tips menghadapi konflik dengan dosen. Memiliki konflik dalam perkuliahan memang tidak mengenakkan. Hal ini semakin sulit apabila konflik tersebut justru berkaitan dengan dosen. Sebab, itu bisa membuat hubungan menjadi canggung.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami konflik dengan dosen. Meski begitu, kamu dapat menghadapinya dengan beberapa tips menghadapi konflik dengan dosen berikut ini.

1. Tidak ragu untuk langsung meminta maaf

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!ilustrasi konseling (unsplash.com/@benwhitephotography)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan tak ragu untuk langsung meminta maaf pada dosen terkait. Terkadang permasalahan bisa timbul dari hal-hal kecil, hingga yang serius sekali pun.

Jika kamu terus menunda proses meminta maaf, itu hanya akan menyebabkan masalah semakin besar. Jika sudah begini, tentu proses penyelesaiannya hanya bisa dilakukan dengan meminta maaf pada dosen terkait.

2. Tidak mengikuti ego

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!ilustrasi mahasiswa (unsplash.com/@javotrueba)

Berbicara mengenai ego memang rasanya sulit, sebab banyak orang yang mengalami masalah karena hal tersebut. Terkadang ada saja mahasiswa yang terlalu ego untuk meminta maaf terlebih dahulu pada dosen terkait.

Ego tersebut jika terus menerus dipelihara, maka tak akan ada habisnya. Justru hanya akan membuat masalah tersebut menjadi semakin besar dan sulit.

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Dosen yang Mudah Marah, Harus Sopan dan Santun

3. Melakukan introspeksi diri

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@turkomarketing)

Tidak ada manusia yang dapat lepas dari segala masalah, sebab memang tak ada yang luput dari kesalahan. Hal terpenting dalam mengatasinya adalah dengan selalu melakukan introspeksi diri secara berkala.

Introspeksi ini akan membantumu untuk menyadari letak kesalahan, sehingga dapat menemukan solusi yang terbaik. Dengan begitu, maka kamu jadi tak mudah untuk melakukan kesalahan yang sama secara terus menerus.

4. Tidak menyepelekan masalah dengan dosen

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!ilustrasi dosen (pexels.com/@mentatdgt-330508)

Sebetulnya, tidak ada mahasiswa yang ingin bermasalah dengan dosen sendiri. Selain menyebabkan ketidaknyamanan, tentunya memiliki masalah dengan dosen hanya akan memberikan kekhawatiran tersendiri.

Hal inilah mengapa kamu sebaiknya tidak sampai menyepelekan masalah apa pun dengan dosen. Jika terus disepelekan, maka kamu akan mudah terkena masalah yang sama secara terus menerus.

5. Berusaha tak mengulanginya lagi

5 Tips Menghadapi Konflik dengan Dosen di Kampus, Turunkan Ego!ilustrasi berbicara (pexels.com/@fauxels)

Rasanya pasti tidak nyaman apabila kamu terus-menerus memiliki masalah dengan dosen. Hubunganmu pun jadi merenggang dan proses perkuliahan rasanya berjalan dengan sulit.

Meski kamu sudah berusaha meminta maaf atas apa yang terjadi, namun sebaiknya kamu dapat memastikan untuk tak mengulangi hal tersebut. Jangan sampai proses meminta maafmu hanya sementara saja, sebab kesalahannya jadi terus dilakukan kembali.

Nyatanya memang jangan sampai kamu memiliki konflik dengan dosen. Meski kamu memiliki konflik sekali pun, maka tetap jangan ragu untuk meminta maaf dan tak mengulanginya kembali. Ingat baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Mencegah Salah Paham pada Pasangan, Turunkan Ego!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya