Comscore Tracker

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaan

Saling mendengarkan apa yang sedang dirasakan

Apakah kamu dan pasangan sedang mengalami masalah percintaan? Sebaiknya, segeralah diselesaikan, supaya tidak menambah besar permasalahan yang ada.
Tentu saja kamu dan dia harus bekerja sama.

Masalah yang terlalu lama didiamkan bisa menimbulkan efek buruk bagi keberlangsungan hubungan. Oleh sebab itu, cobalah lakukan beberapa tips berikut ini untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Simak baik-baik, ya!

1. Menenangkan diri terlebih dulu

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaanilustrasi menenangkan diri (pexels.com/Anete Lusina)

Saat permasalahan terjadi di dalam hubungan asmara yang sedang kalian jalani, wajar jika emosi diri belum stabil. Untuk itu, cobalah masing-masing saling menenangkan diri terlebih dulu.

Stabilkan emosi kalian, supaya saat akan menyelesaikan permasalahan, kalian bisa sama-sama memiliki pemikiran jernih dan hati yang tenang. Ketenangan diri menjadi hal penting dalam proses ini.

2. Berikan ruang dan waktu jika salah satu masih membutuhkannya

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaanilustrasi orang sedang menyendiri (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Terkadang, ada seseorang yang membutuhkan ruang dan waktu lebih untuk bisa menerima keadaan hubungan asmaranya yang sedang bermasalah. Maka, jika itu terjadi pada pasanganmu, berilah dia tambahan waktu untuk menyendiri dulu.

Jangan paksakan pasanganmu untuk melakukan perbincangan meskipun kamu sudah siap. Jika pasanganmu belum penuh kesiapan. Maka, hasilnya pun tidak akan seperti harapan. Bahkan, bisa menambah permasalahan baru.

Baca Juga: 5 Hal yang Layak Kamu Terima dalam Hubungan Percintaan, Penting!

3. Lakukan diskusi dan fokuskan pada sumber masalahnya

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaanilustrasi menurunkan ego saat berdiskusi (pexels.com/cottonbro)

Ketika kondisi kalian sudah tenang dan siap untuk melakukan diskusi dengan tujuan menyelesaikan permasalahan. Segeralah lakukan bersama pasangan. Jangan biarkan keadaan yang kurang baik-baik tersebut terabaikan terlalu lama.

Saat sedang berdiskusi, fokuskan diri kalian pada inti maupun sumber permasalahannya. Jangan berdebat tentang sesuatu yang melebarkan masalah.

4. Upayakan untuk menemukan solusi yang tidak egois

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaanilustrasi percakapan (pexels.com/Mehrad Vosoughi)

Solusi adalah sesuatu yang pastinya ingin kalian dapatkan. Oleh karena itu, berupayalah menemukan solusi yang terbaik untuk bersama. Turunkan ego diri, jauhkan rasa ingin memenangkan solusi yang menjadi pilihanmu.

Cobalah bijaksana dalam hal ini agar masa depan hubungan terselamatkan. Sehingga, permasalahan terselesaikan dan kalian kembali menjalani hubungan asmara dengan penuh keharmonisan.

5. Saling mengungkapkan perasaan sayang

5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaanilustrasi saling berbicara (pexels.com/Trần Long)

Sekalipun terjadi masalah, bukan berarti kalian kehilangan rasa sayang terhadap pasangan. Setelah solusi ditemukan, ungkapkanlah perasaan sayang.

Hal ini mampu mengembalikan hubungan yang sempat renggang akibat adanya masalah. Sehingga, ke depannya kamu dan pasangan akan lebih menjaga hubungan cinta yang dijalani.

Jangan lupa dalam proses penyelesaian masalah ini, kalian harus saling mendengarkan, supaya dapat memahami keinginan masing-masing untuk bagaimana caranya memperbaiki kisah asmara. Lalu, jika ada perbedaan keinginan, kalian bisa mendapatkan jalan tengah sehingga bisa bekerja sama menjalankannya.

Baca Juga: 5 Strategi Hadapi Permasalahan dalam Hubungan Percintaan, Catat Ya!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya