Comscore Tracker

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak Hubungan

Sikap positif yang menyempurnakan hubungan

Hidup dalam sebuah lingkungan, kamu dituntut tidak bersikap seperti kamu hanya hidup sendiri. Banyak kompromi yang harus kamu lakukan, jika ingin diterima dengan baik dan diapresiasi.

Hubungan yang seimbang secara khusus pada pasangan, menjadi pondasi utama dalam menjaga keutuhan kalian berdua. Berikut lima sikap buruk, yang bisa merusak hubungan, pahami agar hubungan kalian tetap terjaga baik.

1. Tidak memberi apresiasi

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak Hubunganilustrasi wanita dan pria berbicara (pexels.com/Budgeron Bach)

Mengabaikan hal-hal kecil yang dilakukan pasangan menunjukkan kamu tak seutuhnya tulus padanya. Kamu hanya menilainya dari hal besar yang dia bisa berikan padamu.

Sikapmu yang abai pada sikap baiknya, tidak memberi apresiasi, bisa jadi awal hubungan kalian tidak berkembang. Jika kamu masih menginginkannya, belajar hargai apa pun hal baik yang dia lakukan. Sebagaimana kamu ingin dihargai, lakukanlah hal yang sama.

2. Enggan mengakui kesalahan

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak HubunganIlustrasi pasangan yang bersedih. (pexels.com/Alena Darmel)

Sifat dasar manusia adalah selalu ingin sempurna. Namun sikap tidak menerima kekurangan diri, adalah sikap yang jelas buruk dalam hubunganmu. Kekurangan adalah bagian yang melekat dalam diri manusia.

Jika kamu terus bersikeras membela diri, enggan mengakui kesalahan, kamu sulit menemukan kedamaian. Jangankan bersama pasangan, dengan dirimu sendiri pun, kamu akan menemukan ketidaknyamanan.

3. Memaksakan kehendak

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak Hubunganilustrasi seorang wanita marah (pexels.com/Keira Burton)

Sikap ini adalah sikap yang dibenci oleh semua orang. Sikap tidak menghargai keberadaan dan kebutuhan orang lain, menandakan kamu sosok yang egois dan pongah. Bukan hanya dengan pasangan, dengan siapa pun kamu akan bermasalah.

Hidup dalam lingkungan yang berwarna, kamu harus siap dengan banyak perbedaan. Banyak pandangan dan pemahaman yang berbeda akan kamu temukan. Memaksakan kehendak sama saja, kamu menjelaskan bahwa kamu tidak layak mendapatkan perhatian.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Stres Bisa Merusak Hubungan, Jangan Disepelekan!

4. Mendominasi pembicaraan

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak Hubunganilustrasi suasana diskusi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Saling menghargai dan saling mendengarkan, adalah bagian terbaik dalam sebuah hubungan. Pasanganmu tidak selamanya hanya siap mendengarkanmu. Dia pun butuh didengarkan, sebagai bentuk kamu menghargainya sebagai bagian dari dirimu.

Mendominasi pembicaraan dan menutup akses bagi orang lain, menjadi citra yang sangat butuk untukmu. Jika ini adalah sikapmu untuk tetap mengukuhkan diri tampak sempurna, kamu salah! Sikap ini, justru menunjukkan kamu jauh dari kata ‘baik’.

5. Mengendalikan pasangan

5 Sikap Buruk yang Bisa Merusak Hubunganilustrasi bersama pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hubungan yang positif adalah hubungan yang ‘saling’ dan masing-masing memiliki kebebasan untuk bisa menjadi dirinya sendiri. Mengendalikan pasangan adalah sikap yang kurang sejalan dengan konsep berbagi dan kenyamanan.

Jika sikap ini tidak bisa kamu ubah, hubungan yang terjalin saat ini antara kamu dan dia, akan sangat rapuh. Si dia masih bertahan, kadang karena dia berharap, kamu masih ada kesempatan untuk berubah. Namun jika yang terjadi sebaliknya, perpisahan menjadi sesuatu yang pasti.

Hidup bersama orang lain, selalu menuntut hadirnya penerimaan dan saling menghargai. Jika yang kamu lakukan justru sebaliknya, kamu hanya menunggu waktu, banyak hal yang akan pergi darimu. Demikian lima hal yang bisa merusak hubungan. Semoga kamu bisa terus belajar menjadi lebih baik dan damai menjalani hidup. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 'Hama' yang Gak Disangka-sangka Merusak Hubungan Cinta

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya