Dokter Tirta Bongkar Praktik Jual Beli Surat Hasil Tes PCR Palsu

Oknum tersebut mengaku belum menjual surat palsu ke siapapun

Jakarta, IDN Times - Relawan Peduli Pencegahan COVID-19, Tirta Mandira Hudi atau yang lebih akrab dipanggil dokter Tirta, mengungkap dugaan penjualan surat hasil tes PCR negatif COVID-19 palsu untuk perjalanan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tirta mengecam dengan keras hal tersebut melalui akun Instagram pribadinya @dr.tirta.

"Banyak orang merana karena kebijakan PCR COVID-19 ke Bali, jangan kau manfaatkan bos buat keuntungan pribadi! Kau dagang di closed friend juga banyak friends lu ngadu ke gue bos," tulis @dr.tirta, Rabu (30/12/2020).

1. Tirta sudah wanti-wanti pemerintah soal potensi munculnya oknum yang jual hasil tes PCR palsu

Dokter Tirta Bongkar Praktik Jual Beli Surat Hasil Tes PCR PalsuPenjualan Surat Hasil PCR Palsu (Instagram @dr.tirta)

Tirta mengunggah foto cuplikan cerita Instagram akun bernama @handzdays. Akun tersebut diduga sebagai oknum yang melakukan jual-beli surat hasil tes PCR COVID-19 negatif palsu untuk perjalanan ke Bali. Tirta mengatakan, ia sudah mengingatkan pemerintah terkait potensi munculnya oknum seperti itu apabila ada kebijakan PCR untuk perjalanan.

"Adanya kebijakan kaya PCR sebagai transport, saya sudah ingatkan ke pemerintah akan muncul oknum ginian," katanya.

Baca Juga: Bandara Soetta Buka Layanan Rapid Test Antigen bagi Masyarakat Umum

2. Tirta unggah cara oknum promosikan surat hasil tes PCR negatif palsu

Dokter Tirta Bongkar Praktik Jual Beli Surat Hasil Tes PCR PalsuPenjualan Surat Hasil PCR Palsu (Instagram @dr.tirta)

Tidak tanggung-tanggung, Tirta juga mengunggah cuplikan cerita akun @hanzdays yang mempromosikan surat hasil tes PCR negatif palsu. Bukan hanya itu, akun tersebut juga menyertakan bukti testimoni transaksi surat bodong itu.

"Mohon evaluasi kebijakan, biar oknum ginian gak muncul," kata Tirta.

3. Tirta minta akun @hanzdays klarifikasi ke masyarakat umum

Dokter Tirta Bongkar Praktik Jual Beli Surat Hasil Tes PCR PalsuUnggahan Dokter Tirta soal Penjualan Surat Hasil PCR Palsu (Instagram @dr.tirta)

Selanjutnya, Tirta mengunggah foto yang berisikan klarifikasi dari akun @hanzdays. Akun tersebut mengaku belum berhasil menjual surat hasil tes PCR negatif kepada siapapun.

"Ngeles terus, dan susah banget disuruh klarifikasi di umum, mengenai alasan dia, biarkan dia sampaikan ke pihak yang menangani," katanya.

Baca Juga: Bupati Bogor Minta Wisatawan Bawa Surat Bebas COVID-19 Saat Liburan

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya