Comscore Tracker

Karena BTS Meal, Gerai McD di Kota Malang Dapat SP  

  Masih hanya diberi peringatan

Malang, IDN Times - Salah satu menu McDonald's yang berkolaborasi dengan boy group asal Korea Selatan, BTS, berdampak luas pada membludaknya antrean pembeli maupun kurir ojek online di gerai makanan cepat saji itu di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya di Kota Malang.

Gerai McDonald'sMcDonald's di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Kota Malang terpaksa disanksi oleh Satpol PP Kota Malang karena dinilai menimbulkan kerumunan atau tidak emmatuhi protokol kesehatan. Pengunjung yang datang antre untuk membeli makanan di gerai McD itu membludak, Rabu (9/6/2021).

Petugas Satpol PP bersama Kepolisian, TNI, dan Dinas Kesehatan Kota Malang langsung datang ke lokasi dan memberikan surat teguran kepada pengelola gerai.

1. Pangantre sebagian besar adalah ojol

Karena BTS Meal, Gerai McD di Kota Malang Dapat SP  Puluhan ojol terlihat mengantre di depan gerai makana cepat saji di Kota Malang. Dok/Istimewa

Antrean panjang memang terlihat hingga ke bagian luar gerai. Sebagian besar pengunjung yang antre adalah pengemudi ojek online. Mereka mengantre lantaran mendapat pesanan dari costumer untuk membeli paket BTS meal. Antrean itu menyebabkan kerumunan, bahkan tak jaga jarak.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi Satpol PP Kota Malang Anton Viera mengatakan, pihaknya terpaksa memberikan surat peringatan kepada pengelola gerai lantaran mereka tak mampu mengendalikan pengunjung yang datang.

"Memang apa yang terjadi ini melanggar protokol kesehatan (Prokes) sesuai aturan Perda Provinsi (Jawa Timur) Nomor 2, kemudian Perwali 30 (Perwalian Nomor 30 tahun 2020), Pergub 53 (Pergub Nomor 53 tahun 2020). Terlihat antrean sangat berjubel dan melebihi kapasitas yang diperbolehkan," katanya. 

2. Belum lakukan pemanggilan

Karena BTS Meal, Gerai McD di Kota Malang Dapat SP  Packaging dari BTS Meal, menu kolaborasi McDonald's dan BTS (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Meski sudah menemukan adanya pelanggaran, Anton menyebut pihaknya masih belum memberikan teguran tertulis. Namun, jika nantinya ditemukan adanya pelanggaran prokes lagi maka teguran tertulis dan memanggil pengelola gerai ke kantor Satpol PP Kota Malang untuk diperiksa.

"SP yang kami berikan itu berlaku satu minggu. Promo yang mereka berikan sampai 7 Juli. Jadi akan kami pantau terus kalau ada pelanggaran lagi akan ada tindakan berikutnya," imbuhnya. 

3. Awasi juga tiga gerai lain

Karena BTS Meal, Gerai McD di Kota Malang Dapat SP  Menu BTS Meal (Twitter.com/@muhammad_fadlys)

Selain memantau gerai McDonald's yang berada di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, pihaknya juga telah memantau tiga gerai lain yang berada di wilayah Kota Malang yakni di Jalan MT Haryono, Kayu Tangan, dan Sarinah. Dari empat gerai makanan cepat saji itu, sejauh inj hanya yang berada di Jalan Sunandar Priyo Sudarmo saja yang ramai dipadati pembeli.

"Tiga gerai lain terpantau landai. Hanya satu tempat yang terpantau sangat ramai," katanya. 

Baca Juga: Gegara Antrean BTS Meal Membludak, Polisi Tutup Gerai McD di Kediri

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya