Ada Persiapan Piala Presiden 2019, Jokdri Minta Pemeriksaannya Diundur

Jokdri hanya menjalani pemeriksaan selama 4 jam

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono hari ini kembali menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya terkait perusakan barang bukti kasus pengaturan skor.

Ia sendiri telah hadir sejak pukul 10.00 WIB dan keluar ruang pemeriksaan sekitar pukul 14.00 WIB. Pemeriksaan itu hanya berlangsung 4 jam, berbeda jauh dengan pemeriksaan sebelumnya yang memakan waktu hingga 22 jam. Kepada wartawan, Joko Driyono menuturkan, ia meminta pemeriksaannya diundur.

Apa yang membuat Joko Driyono meminta penyidik untuk mengundur pemeriksaannya?

1. Jokdri sibuk persiapan Piala Presiden 2019

Ada Persiapan Piala Presiden 2019, Jokdri Minta Pemeriksaannya DiundurIDN Times/Axel Jo Harianja

Pria yang akrab dipanggil Jokdri ini mengaku memiliki kesibukan untuk mempersiapkan pertandingan sepak bola Piala Presiden 2019. Oleh karena itu, Jokdri meminta penyidik Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Bola untuk mengundur pemeriksaan dirinya ke pekan depan.

"Saya secara pribadi menyampaikan permohonan untuk datang kembali minggu depan, ini juga ada hubungan dengan beberapa agenda yang sedang kita persiapkan khususnya jelang kick-off piala presiden (2019)," kata Jokdri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (27/2).

"Alhamdulillah disetujui oleh penyidik dan saya diizinkan untuk meninggalkan (pemeriksaan)," sambungnya. Jokdri mengaku, penyidik menyetujui pengunduran pemeriksaannya itu. Meski diundur, ia mengatakan, akan tetap bersikap kooperatif untuk menuntaskan kasus tersebut.

Baca Juga: Joko Driyono Ditetapkan Jadi Tersangka oleh Satgas Anti-Mafia Bola

2. Jokdri ingin menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-22

Ada Persiapan Piala Presiden 2019, Jokdri Minta Pemeriksaannya DiundurKetua Media Satgas Anti-Mafia Bola Kombes Pol. Argo Yuwono (IDN Times/ Axel Jo Harianja)

Ketua Media Satgas Anti-Mafia Bola Kombes Argo Yuwono membenarkan, Jokdri meminta pemeriksaannya itu diundur kembali. Menurut Argo, Jokdri meminta pemeriksaan lanjutan karena ingin menyambut kedatangan Timnas Sepak Bola Indonesia yang berhasil menjadi juara pertama dalam ajang pertandingan Piala AFF U-22 yang dilaksanakan di Kamboja kemarin.

"Jadi tadi pak Joko Driyono datang ya untuk melanjutkan pemeriksaan lanjutan,tapi yang bersangkutan karena ada kedatangan dari AFF pertandingan sepakbola yang U-22, jadi yang bersangkutan meminta izin agar bisa menjemput di bandara," kata Argo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (27/2).

Akan tetapi, kata Argo, ia belum dapat memastikan kapan pemeriksaan lanjutan itu diagendakan. "Pemeriksaan lanjutan nanti agenda penyidik yang akan saya sampaikan. Sampai sekarang saya belum dapat," ujar Argo.

3. Jokdri menjalani pemeriksaan lanjutan hari ini terkait barang bukti

Ada Persiapan Piala Presiden 2019, Jokdri Minta Pemeriksaannya DiundurIDN Times/Axel Jo Harianja

Satgas Anti-Mafia Bola sebelumnya mengagendakan pemeriksaan Jokdri pada hari ini, Rabu (27/2). Argo mengatakan pemeriksaan itu dilakukan karena ada beberapa barang bukti yang belum terverifikasi. Selain itu, penyidik juga ingin memverifikasi sejumlah barang bukti yang sebelumnya disita oleh tim satgas dari penggeledahan di Apartemen Jokdri dan Kantor PSSI.

"Barang bukti yang disita belum semuanya terverifikasi ya, misalnya bukti transfer, buku tabungan dan sebagainya ya, itu belum terverifikasi semuanya," kata Argo.

Baca Juga: Lapor Kasus Pengaturan Skor, Lasmi Mengaku Sering Mendapat Teror

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya