Gelar Sidak, Rutan Depok Temukan Senjata Tajam hingga HP di Ruang Sel

Handphone di sita dan dimusnahkan

Depok, IDN Times - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Depok melakukan pemeriksaan kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dari hasil pemeriksaan, petugas menemukan sejumlah benda terlarang yang disimpan WBP.

Kepala Rutan Kelas 1 Depok Anton mengatakan, pemeriksaan kamar WBP merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dari dalam rutan. Kegiatan tersebut dilakukan secara mendadak (sidak), dan disaksikan langsung dari aparat penegak hukum lainnya yang bersinergi dengan Rutan.

"Kami lakukan sidak dan petugas masuk ke dalam kamar WBP," ujar Anton, Depok, Selasa (15/6/2021).  

Baca Juga: 44 Napi Positif COVID-19, Rutan Klas IIB Batusangkar Sumbar Lockdown

1. Temukan sejumlah benda terlarang di dalam kamar WBP

Gelar Sidak, Rutan Depok Temukan Senjata Tajam hingga HP di Ruang SelSalah seorang petugas Rutan Kelas 1 Depok memeriksa kamar WBP. (Humas Rutan Depok)

Anton menjelaskan, hasil sidak petugas menemukan sejumlah benda terlarang yang disimpan WBP. Barang yang ditemukan meliputi tiga handphone dan charger, satu speaker, satu power bank, satu alat pemanas air, satu gunting kuku, dan tiga gunting.

"Selain itu, kami juga menemukan satu set kartu remi, 11 senjata tajam modifikasi, satu batang besi, dan satu selang plastik," kata dia.

Anton mengungkapkan, sejumlah barang tersebut dilarang keras disimpan di dalam kamar WBP. Dia tidak ingin, barang-barang tersebut mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan di dalam rutan.

2. Dilakukan penyitaan dan penghancuran

Gelar Sidak, Rutan Depok Temukan Senjata Tajam hingga HP di Ruang SelKepala Rutan Kelas 1 Depok, Anton menghancurkan handphone yang disimpan WBP di dalam kamar. (Humas Rutan Depok)

Anton menuturkan, setelah mengumpulkan semua barang maupun benda terlarang dari dalam kamar WBP, dilakukan pemusnahan. Pemusnahan tersebut disaksikan langsung seluruh petugas dan aparat keamanan gabungan dari instansi lainnya.

"Kami hancurkan dan kami musnahkan benda terlarang yang kami temukan, salah satunya tiga unit handphone," ucap dia.

3. Terapkan tiga kunci pemasyarakatan yang maju

Gelar Sidak, Rutan Depok Temukan Senjata Tajam hingga HP di Ruang SelKepala Rutan Kelas 1 Depok, Anton menghancurkan handphone yang disimpan WBP di dalam kamar. (Humas Rutan Depok)

Anton mengatakan, sidak yang rutin dilakukan Rutan Kelas 1 Depok merupakan bentuk komitmen untuk memerangi perderan barang terlarang di dalam rutan. Menurutnya, pihaknya berkomitmen untuk menerapkan tiga kunci pemasyarakatan maju dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. 

"Kami ingin Rutan Kelas 1 Depok terdepan dalam menjalankan tiga kunci pemasyarakatan maju dalam menjalankan tugas dan fungsi," ujar dia.

Anton berharap, pengawasan dan monitoring yang ketat dapat mewujudkan Rutan Kelas 1 Depok menjadi rutan yang bersih. Dia tidak ingin di rutan terdapat narkoba dan benda terlarang di dalam rutan.

"Ini komitmen kami sehingga kami terus mewujudkan itu," tutup dia.

Baca Juga: Membina Warga Binaan Rutan Kelas 1 Depok Melalui Kopi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya