Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!

Katanya guru, kok gak memberi contoh baik..

Guru spiritual menjadi sebuah hal yang lumrah bagi orang Indonesia. Tujuannya untuk mencari kedamaian atau jalan hidup dari orang-orang yang dianggap telah punya pengalaman banyak di dunia ini. Para guru spiritual ini datang dari berbagai kalangan dari figur publik sampai agama. Orang-orang ini dipercaya dapat memberikan cara untuk menjalani hidup dengan damai dan tenang.

Akan tetapi, harapan tersebut tampaknya tidak mereka penuhi sepenuhnya. Justru para guru spiritual ini melakukan tindakan yang melanggar hukum. Banyak contoh, dari tindakan pelanggaran seksual sampai hukum. Nah IDNtimes sudah merangkum lima figur yang sempat jadi guru spiritual gadungan.

1. Eyang Subur.

Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!kapanlagi.com

Ingat dengan teriakan "Subur!!" dari Arya Wiguna? Pada 2013, isu ini jadi perbincangan hangat usai murid-murid dari Eyang Subur menyerang balik guru spiritual ini. Dari Adi Bing Slamet hingga Arya Wiguna. Seperti dikutip dari Tempo.co, Adi dan Arya mengaku Subur merupakan sosok yang mengajarkan mereka ilmu sesat. Selain itu mereka juga beranggapan Subur melakukan penipuan yang merugikan uang dalam jumlah besar.

Bahkan beberapa murid hidupnya dianggap hancur akibat permintaan Eyang Subur yang macam-macam. Uniknya, mereka pun terus menuruti permintaan Subur. Adi mengaku sejumlah murid sampai gila, mau gantung diri sampai menjatuhkan diri dari ketinggian. Namun, pada akhirnya, isu ini pun menurun usai sensasi yang bergitu tinggi.

2. Ustadz Hariri

Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!ratusholawat.blogspot.sg

Maju satu tahun dari kejadian Eyang Subur, kini adalah Ustadz Hariri. Ingat ustadz yang videonya menginjak kepala soundman saat berdakwah viral di YouTube? Ya, dirinya. Ternyata, bukan hanya itu masalah yang pernah dibuat. Pertama dirinya sempat dikenal dekat dengan artis bernama Cinta Penelope.

Namun, suatu hari, hal yang mengejutkan dinyatakan oleh Cinta. Pakaian dalamnya sempat dicuri oleh sang ustadz. Dikutip dari Liputan6.com, Cinta mengaku kalau dirinya mengetahui hal itu saat sebuah foto ditunjukkan oleh sang ustadz sendiri. Hal lain adalah ajakan menikah siri dan pelecehan seksual yang ditujukan pada Ustadz Hariri.

Baca Juga: Guru Itu Pahlawan yang Paling Super! 14 Hal Ini Buktinya

3. Ustadz Guntur Bumi (UGB)

Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!sayangi.com

Memiliki nama lengkap Muhammad Susilo Wibowo, UGB adalah ahli spiritual yang juga membuka klinik pengobatan. Namun pada 2014, justru ketidakberuntungan menimpanya. Salah satu pasiennya melaporkan tindak penipuan. UGB dituduh oleh sang pasien yang bernama Irfani melakukan penipuan dan pemerasan.

Seperti diberitakan Antaranews.com, UGB memvonis Irfani mendapatkan 'gendam' yang membuat binatang keluar dari tubuhnya. Binatang yang dimaksud adalah ulat dan kecoa. Pengobatan itu anehnya harus dibayar dengan mahar membersihkan rumah dan uang sebesar 75 juta rupiah. Akhirnya pada Mei pihak Polda Metro Jaya menangkap UGB dikediamannya.

4. Gatot Brajamusti

Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!money.id

Beralih ke yang sedang banyak diperbincangkan tahun ini. 28 Agustus 2016, Gatot ditangkap bersama sang istri di sebuah hotel di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gatot yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) periode 2016-2021 ditangkap saat berpesta sabu. Bersamanya terdapat beberapa orang lain yang salah satunya musisi Reza Artamevia.

Namun, Reza sendiri dilepas. Namun, Gatot dan istri meneruskan proses hukum. Dikutip dari Jakartapost.com, sekarang pengembangan kasus narkoba Gatot adalah pada perilaku seksnya saat menjadi 'guru spiritual'. Sang istri mengaku Gatot sering melakukan pesta seks di kediamannya sendiri. Selain itu, Gatot juga sering melakukan hubungan seks bersama wanita satu per satu di kamarnya. Istrinya sendiri sering mengikuti pesta tersebut.

Sampai saat ini, Gatot masih ditahan di Polda Metro Jaya karena kasus pelecehan seksual ini justru dikembangkan usai beberapa wanita mengaku pernah diperkosa dirinya.

5. Dimas Kanjeng Taat Pribadi

Bukan Hanya Dimas Kanjeng, 4 Guru Spiritual Ini Juga Sempat Terkenal Karena Kasusnya!jawapos.com

Seperti yang diberitakan IDNtimes sebelumnya, terkuak sebuah kasus pembunuhan yang dilakukan Pimpinan Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi. Kasus ini juga membuka momok lagi dari padepokan Dimas Kanjeng yang dikenal sebagai modus penggandaan uang bagi banyak orang.

Sosok Dimas Kanjeng, dikutip dari Liputan6.com yang fenomenal dinilai memiliki karomah luar biasa sehingga banyak didatangi orang yeng menginginkan uang secara instan. Kini Dimas Kanjeng Taat Pribadi terancam dijerat banyak kasus. Selain terlilit kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap santrinya, dia terancam tersandung kasus penipuan.

Caranya untuk menggandakan uang adalah para pengikutnya diminta membayar uang mahar sebagai pancingan untuk digandakan secara gaib menjadi 1.000 kali.

Nah, lima orang ini pada akhirnya adalah pemberi kesesatan. Baik kita percaya atau tidak mereka memiliki tujuan yang buruk. Pikiran yang lebih kritis dan cermat dalam memercayai seseorang dirasa perlu.

Baca Juga: 15 Reply SMS Penipuan yang Bikin Ngakak!

Topik:

Berita Terkini Lainnya