Kasus Perselisihan Indomaret dan Serikat Pekerja Berakhir Damai

Menandatangani Perjanjian Bersama

Jakarta, IDN Times — Setelah melalui beberapa kali perundingan yang alot, akhirnya Manajemen PT Indomarco Prismatama selaku pengelola Indomaret, dan pengurus Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sepakat berdamai. 

Kedua belah pihak menandatangani dokumen Perjanjian Bersama untuk penyelesaian permasalahannya secara tuntas.

1. Wujud aksi damai kedua belah pihak

Kasus Perselisihan Indomaret dan Serikat Pekerja Berakhir DamaiIndomaret. (IDN Times/Anata)

Penandatanganan Perjanjian Bersama antara kedua belah pihak ini disaksikan langsung Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial & Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri.

Perjanjian Bersama tersebut merupakan wujud aksi damai antar kedua belah pihak menyusul perseteruan kasus Anwar Bessy dengan Indomaret.

2. Sambut baik penyelesaian masalah

Kasus Perselisihan Indomaret dan Serikat Pekerja Berakhir DamaiMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah saat menyampaikan Pengumuman Program Bantuan Subsidi Upah pada Senin, 10 Agustus 2020 di Istana Kepresidenan Jakarta (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

"Tadi saya mendapat laporan dari Dirjen PHI dan Jamsos bahwa kedua belah pihak sepakat berdamai dan menyelesaikan kasus ini secara tuntas. Kemnaker menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas ditandatanganinya Perjanjian Bersama oleh para pihak untuk menuntaskan masalah ini," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Kemnaker di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

3. Tetap jalin hubungan harmonis

Kasus Perselisihan Indomaret dan Serikat Pekerja Berakhir DamaiMenteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah (Dok. Humas KPK)

Dalam menyelesaikan kasus Indomaret ini sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Bersama, Menaker Ida mengungkapkan kedua pihak menyepakati untuk menyelesaikan secara kekeluargaan dengan dibuatkan kesepakatan perdamaian.

"Inti yang paling penting PT Indomarco Prismatama dan FSPMI tetap menjalin hubungan industrial yang harmonis, " kata Menaker Ida Fauziyah. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya