Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden 

Hari jadi Jokowi trending di Twitter

Jakarta, IDN Times - Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo hari ini berulang tahun ke 60. Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961.

Salah satu ucapan datang dari musisi Addie Muljadi Sumaatmadja atau lebih dikenal dengan Addie MS.

"Selamat berulang tahun yang ke-60, Presidenku, Ir. H. Joko Widodo! Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Amiiin," tulis Addie melalui akun Twitter-nya, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Jokowi: Relawan Jokowi Itu Seksi, Bisa Antar Saya Presiden 2 Periode

1. Jokowi ultah jadi trending di Twitter

Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Memperingati hari kelahiran Presiden ke-7 RI ini, nama Jokowi langsung menjadi trending di Twitter pagi ini.

Beberapa warganet mengucapkan selamat ulang tahun kepada eks Gubernur DKI Jakarta itu.

"Selamat Ulang Tahun Ke-60 Bapak Presiden RI, Ir. H. @jokowi. May God Bless you abundantly and exceedingly," tulis akun @Leo_Imannuel.

"Selamat ulangtahun Mr.President, may God bless you with Great Indonesia," tulis
Sahat Tobing @dr_reinkernasi.

2. Masa kecil Jokowi

Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden IDN Times/Ganug Nugroho

Presiden Jokowi berasal dari keluarga sederhana di Solo. Ayahnya bernama Widjiatno Notomihardjo dan ibundanya bernama Sudjiatmi. Jokowi adalah anak pertama dan putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Pendidikannya diawali dengan masuk SD Negeri 112 Tirtoyoso yang dikenal sebagai sekolah untuk kalangan menengah ke bawah. Sejak kecil ia terbiasa berjuang dan bekerja keras untuk mencari uang jajan sehari-hari. Bahkan ia mulai bekerja sebagai penggergaji di umur 12 tahun.

Setelah lulus SD, Jokowi kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 6 Surakarta.

3. Jejak karier Jokowi, dari wali kota hingga jadi presiden

Jokowi Ulang Tahun ke 60 Hari Ini,  Selamat Ultah Pak Presiden Presiden Joko Widodo memberikan pemaparan saat menjadi pembicara kunci pada Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Jakarta, Kamis (27/2/2020) (ANTARA FOTO/Restu P)

Pada Pilkada Kota Solo tahun 2005, Jokowi diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon wali kota Solo. Ia berhasil memenangkan pemilihan tersebut dengan persentase suara sebesar 36,62 persen. Ia lalu kembali terpilih sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo pada 2010.

Pada 2012, Jokowi diminta secara pribadi oleh Jusuf Kalla untuk mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub DKI. Ia diusung oleh Gerindra dan PDIP bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pada 29 September 2012, KPUD DKI Jakarta menetapkan pasangan Jokowi - Ahok sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI yang baru untuk masa bakti 2012–2017 menggantikan Fauzi Bowo - Prijanto

Baru 2 tahun menjabat gubernur, Jokowi mengikuti Pilpres 2014 dan keluar sebagai pemenang. Berpasangan dengan Jusuf Kalla, Jokowi berhasil mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Jokowi pun tercatat sebagai Presiden ke-7 RI. Kini pemerintahan Jokowi telah memasuki periode kedua, dan akan berakhir pada 2024 mendatang. 

Baca Juga: Relawan JokPro Akan Deklarasi Usung Jokowi-Prabowo di Pilpres 2024

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya