Greenpeace: Ada Perusahaan Besar Beli Sawit Hasil Pembakaran Hutan

Perusahaan besar membeli minyak sawit dari kontributor nakal

Jakarta, IDN Times - Greenpeace melakukan analisis yang mengungkap bahwa ada perusahaan merek ternama dunia yang berkontribusi dalam perubahan iklim dunia dengan membeli komoditas minyak kepala sawit dari pemasok yang membakar hutan.

"Produk besar memiliki tanggung jawab besar pada pembakar lahan karena membeli sesuatu dari mereka," kata Juru Kampanye Hutan Greenpeace Annisa Rahmawati dalam konferensi pers yang diadakan Greenpeace di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/11).

1. Produk yang kita konsumsi ternyata menyumbang emisi

Greenpeace: Ada Perusahaan Besar Beli Sawit Hasil Pembakaran Hutan(Ilustrasi gudang swalayan) IDN Times/ Mela Hapsari

Annisa mengatakan beberapa produk yang sering dikonsumsi di seluruh dunia ternyata berkontribusi pada kerusakan iklim Bumi. Produk tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan besar mulai dari produk rambut, sabun, tisu, hingga makanan kecil.

"Perusahaan yang mengklaim sebagai 'juara iklim' seperti UL ternyata terkait dengan emisi gas rumah kaca dari kebakaran lahan gambut,” kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Indonesia Bawa 50 Negosiator di KTT Perubahan Iklim COP 25

2. Perusahaan besar diharapkan dapat memutus kerja sama dengan pemasok nakal

Greenpeace: Ada Perusahaan Besar Beli Sawit Hasil Pembakaran Hutan(Ilustrasi) IDN Times/BNPB

Indonesia merupakan penghasil emisi gas rumah kaca terbesar keempat di dunia dan sebagian besar aktivitas pembakaran lahan gambut menjadi kontributor utama darurat iklim saat ini, belum lagi masalah deforestasi.

Dengan adanya praktik kontribusi perubahan iklim, Greenpeace Indonesia berharap agar perusahaan besar dan ternama tersebut dapat memutus hubungan dengan semua pedagang dan kelompok pemasok yang justru berkegiatan merusak lingkungan.

Perusahaan besar seperti yang disebutkan Annisa di atas menurutnya memiliki tanggung jawab atas akumulasi gas rumah kaca.

3. Greenpeace minta pemerintah buka data perusahaan yang melakukan pembakaran hutan

Greenpeace: Ada Perusahaan Besar Beli Sawit Hasil Pembakaran Hutan(Ilustrasi) ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Maka dari itu Pemerintah Indonesia diminta untuk lebih transparan dan bisa membuat data konsesi yang terbuka untuk publik. Sehingga deforestasi dan kebakaran hutan yang kini terjadi bisa diketahui siapa dalangnya, karena melibatkan banyak perusahaan besar.

"Selain itu, pemerintah harus menegakkan undang-undang tentang perlindungan gambut, tanggung jawab atas kebakaran, serta moratorium konsesi baru dan kebijakan lain yang berupaya melindungi hutan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini: http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Greenpeace: Pajak Emisi Solusi Fisikal untuk Bantu Perubahan Iklim

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya