Diwarnai Gelombang Protes, DPR Ngotot Bakal Sahkan RKUHP di Paripurna

DPR klaim pembahasan RKUHP sudah final

Jakarta, IDN Times — Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pengesahan RKUHP akan tetap berlangsung pada rapat Paripurna di masa persidangan tahun ini. Diketahui Paripurna diagendakan pada Selasa 6 Desember besok.

Pernyataan Dasco tersebut merespons gejolak penolakan RKUHP oleh sekelompok warga sipil di depan gedung DPR RI pada hari ini, Senin (5/12/2022).

“Ada kemungkinan (pengesahan besok) karena sudah pengambilan keputusan tingkat I,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: RKUHP Tuai Banyak Kritik, DPR Ngotot Lanjutkan ke Paripurna  

1. Dasco sebut tak masalah ada demo di depan DPR

Diwarnai Gelombang Protes, DPR Ngotot Bakal Sahkan RKUHP di ParipurnaDemo tolak RKUHP di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/12/2022) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dasco mengatakan pihaknya tak masalah dengan gerakan protes masyarakat berupa aksi demonstrasi di depan gedung DPR RI. Namun, dia menegaskan bahwa RKUHP sudah final dan akan disahkan sesegera mungkin.

“Kami pikir namanya unjuk rasa dijamin oleh Undang-Undang, dan tentunya hal tersebut tak bisa dilarang karena hak warga negara untuk menyampaikan pendapatnya,” ucap Dasco.

Baca Juga: Massa Demo Tolak RKUHP Mulai Berdatangan di Depan Gedung DPR

2. DPR klaim sudah bahas RKUHP sesuai aturan

Diwarnai Gelombang Protes, DPR Ngotot Bakal Sahkan RKUHP di ParipurnaMahasiswa dari beberapa Universitas melakukan Demo terkait RKUHP di depan Gedung DPR/MPR pada Selasa (28/6/2022). (IDN Times/Yosafat)

Politikus Gerindra ini juga menyebut pembahasan RKUHP sudah dilakukan secara komprehensif sesuai dengan aturan perundang-undangan. Dia mengaku sudah melibatkan kelompok masyarakat dalam pembahasan RKUHP sebelum disahkan di tingkat I.

“Sari waktu ke waktu pembahasan RKUHP ini kita bahas dengan hati-hati dan pasal demi pasal kami kupas lagi, beberapa pasal kontroversial sudah kami sesuaikan. Karena sudah disetujui tingkat I saya pikir itu sudah selesai,” tuturnya.

Baca Juga: Aksi Tolak RKUHP di Depan DPR, LBH: Demokrasi Sudah Mati!

3. Elemen masyarakat sipil tolak RKUHP

Diwarnai Gelombang Protes, DPR Ngotot Bakal Sahkan RKUHP di ParipurnaIDNTimes/Bagus F

Sejumlah elemen masyarakat sipil menggelar aksi penolakan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin (5/12/2022) siang.

Poster Seruan Aksi Tolak RKUHP Bermasalah, yang akan digelar di depan gedung DPR RI setidaknya juga tersebar di sejumlah media sosial dengan tagar #semuabisakena dan #tolakrkuhp.

Dalam penuturannya, para peserta demo menilai RKUHP masih mencantumkan pasal-pasal bermasalah sebelum disahkan.

Dari pantauan IDN Times, agenda yang direncanakan pukul 13.00 WIB di depan gedung DPR ini sudah mulai ramai didatangi masyarakat sipil yang ingin menyuarakan penolakannya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya