BRIN Nilai Emak-emak Akan Kembali Semarakkan Pilpres 2024

Pilpres 2014 dan 2019 juga semarak dengan adanya emak-emak

Jakarta, IDN Times - Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nurhasim mengatakan emak-emak akan kembali menyemarakkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, salah satu penyebab terjadinya dinamika politik di Indonesia adalah keterlibatan emak-emak.

"Saya kira ini menjadi perhatian semua pihak, bahwa partisipasi dari emak-emak, itu akan menyemarakkan pemilu. Karena pengalaman dari Pemilu 2014 dan Pemilu 2019, ekspektasi dan dinamika politik emak-emak itu cukup tinggi," ujar Nurhasim di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Nurhasim menerangkan, jumlah pemilih perempuan di Pemilu 2024 juga lebih banyak dibanding laki-laki.

Baca Juga: Survei LPI: Ganjar Jadi Capres Paling Banyak Didukung Emak-emak

1. Referensi pemilih di Indonesia dipengaruhi berbagai hal

BRIN Nilai Emak-emak Akan Kembali Semarakkan Pilpres 2024Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nurhasim (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Nurhasim mengatakan, referensi pemilih di Indonesia dipengaruhi berbagai hal. Salah satunya, bisa karena lingkungan sekitar.

"Di antara lingkungan sekitar yang paling mudah adalah keluarga, soal dari referensi politik bapaknya, emaknya atau anaknya, pasti ada punya pengaruh dari lingkungan keluarga, pasti saling mengingatkan," kata dia.

Baca Juga: Lari Pagi di Lapangan Gasibu, AHY Jadi Pusat Perhatian Emak-emak

2. Survei LPI hasilkan Ganjar capres paling didukung emak-emak

BRIN Nilai Emak-emak Akan Kembali Semarakkan Pilpres 2024Ganjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan survei terkait dukungan emak-emak terhadap kandidat capres di Pemilu 2024. LPI menampilkan tiga nama, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, Ganjar merupakan capres yang paling banyak dipilih emak-emak. LPI melakukan survei pada 20 Juli sampai 1 Agustus 2023 dengan melibatkan 920 responden.

Survei LPI menggunakan metode systematic random sampling, dengan margin of error 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Survei Polstat: Ganjar Unggul Tipis jika Duel dengan Anies

3. Ganjar paling unggul

BRIN Nilai Emak-emak Akan Kembali Semarakkan Pilpres 2024Bakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam survei itu, Ganjar berada di posisi puncak capres ideal menurut emak-emak. Berikut hasil lengkapnya:

  1. Ganjar Pranowo: 32,50 persen
  2. Prabowo Subianto: 31,75 persen
  3. Anies Baswedan: 26,25 persen
  4. Belum tahu: 9,50 persen. 

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya