Comscore Tracker

Jokowi hingga Prabowo Bakal Pindah Kantor Duluan ke Ibu Kota Baru

Bakal ada 6 kementerian yang pindah duluan ke ibu kota baru

Jakarta, IDN Times - Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) sudah disahkan DPR RI. Pemerintah kini sedang bersiap untuk membangun ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Proses pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah menargetkan pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur selesai pada 2045 mendatang.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkap ada sejumlah kantor pemerintahan yang akan pindah ke Ibu Kota baru. Rencananya, Istana Negara dan 6 kementerian akan dipindahkan pada tahap pertama pembangunan.

Salah satu kementerian yang akan dipindahkan ditahap pertama adalah Kementerian Pertahanan, kantor Prabowo Subianto.

"Istana Presiden, lalu empat sampai enam kementerian, yaitu Sekeretarian Negara, Kemendagri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan duluan," ujar Jokowi dalam pertemuan bersama pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Rabu (19/1/2022).

Istana Negara hingga Kementeriannya Prabowo Bakal Pindah Duluan ke Ibu Kota Baru

Baca Juga: [BREAKING] Sah! RUU Ibu Kota Negara Jadi Undang-Undang

1. Jokowi juga singgung soal IKN

Jokowi hingga Prabowo Bakal Pindah Kantor Duluan ke Ibu Kota BaruJokowi pimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyinggung soal ibu kota negara yang akan dipindahkan ke Kalimantan Timur. Dia menyampaikan harapannya terkait sosok Kepala Badan Otorita memiliki latar belakang arsitek dan kepala daerah.

"Saya berharap yang jadi koordinator pembangunan IKN yang punya latar belakang kepala daerah, arsitek," kata Jokowi.

Baca Juga: Nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara di Kalimantan Pilihan Jokowi

2. Jokowi beri sinyal Kepala Otorita IKN bersuku Sunda

Jokowi hingga Prabowo Bakal Pindah Kantor Duluan ke Ibu Kota BaruDesain final Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Saat ditanya apakah sosok yang berlatar belakang tersebut juga bersuku Sunda, Jokowi menyebut itu adalah harapannya. Sosok yang dimaksud Jokowi itu sangat menggambarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Sunda juga?" tanya salah seorang pemimpin redaksi pada Jokowi.

Kemudian, Jokowi tertawa. Lalu ia menjawab bahwa itu adalah harapannya. "Ini harapan saya ya. Tapi bisa ada kemungkinan lain," ucapnya.

3. Pemerintah tetapkan Nusantara jadi nama Ibu Kota baru di Kalimantan Timur

Jokowi hingga Prabowo Bakal Pindah Kantor Duluan ke Ibu Kota BaruDesain final Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah sudah menetapkan Nusantara sebagai nama Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. Dia mengatakan, nama tersebut merupakan pilihan Presiden Jokowi.

"Mengenai nama ibu kota, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres (surat presiden) itu, tapi kemudian ditahan dan ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu dan Beliau mengatakan Ibu Kota negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso menjelaskan, Nusantara dipilih menjadi nama ibu kota negara karena dianggap sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, Nusantara tidak akan menjadi pertentangan di masyarakat.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ucapnya.

Baca Juga: Sejarah Penajam dari Kota Otonomi hingga Calon Ibu Kota Negara

Topic:

  • Anata Siregar
  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya