Tim Pancasila Tangguh Bertugas Kibarkan Merah Putih di Istana Merdeka 

Komandan upacara yakni Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia

Jakarta, IDN Times - Upacara detik-detik Proklamasi dimulai di Istana Merdeka, Jakarta. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sudah bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih di halaman Istana Merdeka.

Pantauan IDN Times, Rabu (17/8/2022), upacara peringatan detik-detik Proklamasi dimulai sekitar pukul 09.45 WIB. Paskibraka yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih bernama Tim Pancasila Tangguh.

Pada upacara HUT ke-77 Republika Indonesia tahun ini, Presiden Jokowi menggunakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggunakan baju adat Banten. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tamu undangan yang hadir di upacara HUT RI juga menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia.

Anggota Paskibraka yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih bernama I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, siswi yang mewakili Provinsi Jawa Tengah. Dewa Ayu merupakan siswa SMA Negeri 2 Kudus.

Selain itu, kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera yakni Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Komandan upacara yang bertugas dalam HUT ke-777 RI yakni Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia. Andike saat ini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL.

Baca Juga: Tak Lagi di Kemenpora, Paskibraka Kini di Bawah Naungan BPIP

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya