Comscore Tracker

Manfaat PCare BPJS dan Cara Pakainya: Riwayat Penyakit Ada Semua

Banyak kegunaan yang bisa didapat dari aplikasi ini

Jakarta, IDN Times - Manfaat PCare BPJS apa sih? Mungkin pertanyaan itu terbersit di benak kalian. Maklum saja, banyak yang masih belum mengenal PCare BPJS, apalagi manfaat-nya.

Padahal aplikasi ini punya banyak kegunaan yang bisa membantu kalian untuk mendapatkan akses kesehatan. Lalu seperti apa penjelasannya? Berikut seperti dirangkum redaksi IDN Times.

1. Manfaat PCare BPJS beri kemudahan akses kesehatan pemilik BPJS

Manfaat PCare BPJS dan Cara Pakainya: Riwayat Penyakit Ada SemuaPetugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

PCare BPJS merupakan aplikasi yang memiliki fungsi utama menyediakan akses bagi para peserta BPJS kesehatan ke faskes tingkat pertama seperti puskesmas, klinik dan konsultasi dokter. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi para peserta BPJS untuk daftarkan diri ke faskes tingkat pertama.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan bagi Anda menjadikannya platform vaksinasi. Maksudnya, lewat aplikasi PCare, masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk ikut program vaksinasi.

2. Bisa cek iuran BPJS

Manfaat PCare BPJS dan Cara Pakainya: Riwayat Penyakit Ada Semuailustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Bukan cuma itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan bagi pemilik BPJS kesehatan untuk mengecek iuran bulanan BPJS-nya. Sehingga masyarakat tak perlu repot-repot lagi untuk datang ke ATM demi mengecek iuran BPJS.

Manfaat berikutnya, kalian juga bisa mencari faskes terdekat tempat tinggal Anda dengan aplikasi ini. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat, apalagi jika Anda dan keluarga tengah ada dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, BPJS Kesehatan Layani Lansia hingga Gigi Palsu

3. Cara menggunakan PCare BPJS

Manfaat PCare BPJS dan Cara Pakainya: Riwayat Penyakit Ada SemuaIlustrasi kartu BPJS Kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jika sudah tahu manfaat PCare BPJS, pertanyaan selanjutnya tentu berkaitan dengan cara menggunakannya. Seperti disitat situs resminya, cara penggunaannya cukup mudah.

1. Download aplikasi PCare BPJS di playstore ataupun appstore
2. Masukkan username dan password kalian jika belum registrasi datangi kantor BPJS terdekat
3. Pilih menu pelayanan pendaftaran atau pelayanan
4. Bagi pasien yang ingin berobat kalian bisa isi data diri di bagian menu pendaftaran
5. Jika pasien sudah terdaftar di faskes kalian bisa isi nomor BPJS dan seluruh data mengenai kalian akan muncul
6. Tahap entri data selesai

Dan apabila Anda sudah mendaftar, maka langkah selanjutnya cuma tinggal mendatangi faskes yang dituju. Menariknya, kalau Anda sudah terdaftar, semua informasi mengenai penyakit kalian ada di aplikasi ini.

Baca Juga: Cara Cek Keaktifan BPJS Kesehatan dan Penyakit Tidak Ditanggung

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya