Profil 3 Penjabat Gubernur Papua untuk DOB Bumi Cendrawasih

Ribka Haluk Pj Gubernur Papua Tengah

Timika, IDN Times - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian resmi melantik tiga putra putri terbaik Papua, untuk mengisi jabatan sebagai Penjabat (Pj)  Gubernur Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan, yang dilangsungkan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Para Pj gubernur tersebut adalah Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT, untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM untuk Pj Gubernur Papua Tengah, serta Nikolaus Kondomo, SH, MH untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan.

Berikut profil dari ketiga Pj Gubernur di Papua: 

1. Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk

Profil 3 Penjabat Gubernur Papua untuk DOB Bumi Cendrawasih(Dok. Kemendagri)

Ribka Haluk lahir di Piramid 10 Januari 1971, saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Papua Tengah, ia tercatat memiliki karier cemerlang di dunia pemerintahan.

Dilansir laman Kemendagri, ia menjadi perempuan Papua pertama yang menjabat sebagai penjabat gubernur, sejak integrasi Papua ke Indonesia.

Ribka memiliki karier cemerlang di dunia pemerintah, karena pernah menjabat di beberapa jabatan penting baik di Kabupaten Jayawijaya, maupun di Provinsi Papua.

Sejak meniti karier di pemerintahan 2001, Ribka tercatat pernah menjabat sebagai Kasubdin Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Jayawijaya 2001.

Setelah itu, ia dipercaya menjabat sebagai Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya tahun 2014, dan Kasubbag Tata Usaha Kabupaten Jayawijaya 2009.

Ia juga dipercayakan menjabat sebagai Sekertaris Badan Pemberdayaan Perempuan Dan KB Kabupaten Jayawijaya 2010, setelah itu menjadi orang nomor satu di Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya pada 2011.

Ribka juga dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Dan Masyarakat Terisolir Provinsi Papua pada 2013, setelah itu mendapat kepercayaan memimpin Dinas Sosial Dan Pemukiman Provinsi Papua tahaun 2014.

Tidak hanya itu, ia juga pernah dipercayakan sebagai penjabat Bupati di Kabupaten Mappi tahun 2017 dan penjabat Bupati di Kabupaten Mappi pada 2021. Kemudian dipercaya menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur Dan Pelayanan Publik Dan Pejabat Gubernur Papua Tengah.

Selesai menyelesaikan pendidikan SMA, Ribka Haluk kemudian melanjutkan pendidikan Sarjana (S1) di Universitas Cendrawasih, kemudian mengambil Program Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Garut Dan Doctor (S3) Ilmu Manajemen di Universitas Cendrawasih.

Baca Juga: Tito Ungkap Angka Unik di Balik Peresmian Tiga DOB Papua

2. Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo

Profil 3 Penjabat Gubernur Papua untuk DOB Bumi Cendrawasih(Dok. Kemendagri)

Apolo Safanpo lahir di Agats 24 April 1975, saat ini menjabat sebagai staf ahli Mendagri Bidang Pemerintahan, karier seorang Apolo Safanpo dihabiskan di dunia pendidikan.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih 2003 sampai 2005. Kemudian ia dipercayakan menjabat sebagai pembantu Dekan III, Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih pada 2015 sampai 2015.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih 2012 Sampai 2022.

Apolo Safanpo mengambil Sarjana S1 Teknik Sipil di UNS Solo, kemudian mengambil gelar Magister S2 Teknik Lingkungan di ITS Surabaya, dan gelar Doktoral S3 Teknik Sipil Undip Semarang.

Baca Juga: Resmikan DOB Papua, Mendagri Lantik Tiga Penjabat Gubernur

3. Pj Gubernur Pegunungan Papua, Nikolaus Kondomo

Profil 3 Penjabat Gubernur Papua untuk DOB Bumi Cendrawasih(Dok. Kemendagri)

Nikolaus Kondomo, lahir di Merauke 13 Maret 1964, saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Dan Kerjasama Internasional Kejagung RI.

Berkarir dalam bidang hukum, semasa kariernya, Nikolaus pernah dipercayakan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak pada 2007.

Kemudian ia dipercayakan menjabat Asisten Tindak Pidana Khusus Kejati Papua 2012, Kepala Kejaksaan Negeri Sleman tahun 2014, Asisten Pengawasan Kejati Jatim  2015.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya