Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Soetta Diprediksi 2 Januari

Puncak penerbangan Nataru H-2 Natal

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan puncak arus balik penumpang masa libur Tahun Baru 2023 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, akan terjadi pada Senin (2/1/2023).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaluddin mengatakan  puncak arus balik periode Natal dan Tahun Baru 2023 akan terjadi besok dengan 220 ribu lebih penumpang.

"Sementara sebanyak 1.600 pergerakan penerbangan diprediksi akan terjadi pada 2 Januari 2023 nanti," kata dia dilansir ANTARA, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga: Angin Kencang, Pesawat Rimbun Air Tergelincir di Bandara Dogiyai

1. Diperkirakan ada 145 ribu penumpang tiba dan berangkat

Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Soetta Diprediksi 2 JanuariAktivitas penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Angkasa Pura II)

Awaluddin menyebutkan, pergerakan penumpang pesawat yang tiba dan berangkat di bandar udara terbesar di Indonesia ini, diperkirakan ada 145 ribu penumpang.

Sementara, untuk pergerakan pesawat sebanyak 1.015 penerbangan dengan tiba dan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

2. Puncak arus mudik liburan akhir tahun terjadi pada H-2 Natal

Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Soetta Diprediksi 2 JanuariSuasana Terminal 3 Bandara Soekatno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Kemudian, lanjut Awaluddin, grafik tertinggi pada angka pergerakan penumpang dan pesawat terjadi pada Jumat, 23 Desember 2022 atau pada H-2 periode Natal.

"Tercatat jumlah penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II sebanyak 242.378 orang. Kalau untuk jumlah pergerakan pesawatnya, tercatat sebanyak 1.814 penerbangan," ungkapnya.

Ia menyebutkan, pergerakan penumpang pada H-2 periode libur Natal 2022 yang terjadi sebanyak 150.995 dari 242.378 orang yang berangkat dan tiba di bandara.

"Bandara Soekarno-Hatta juga tertinggi untuk pergerakan pesawatnya. Ada 1.029 penerbangan terjadi pada H-2 itu," katanya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Penerbangan di Soetta Melonjak Tembus 1.000 per Hari

3. AP II antisipasi lonjakan penumpang

Puncak Arus Balik Libur Tahun Baru di Soetta Diprediksi 2 JanuariAntrean di Bandara Soetta, Sabtu 19 Desember 2020 (Dok. Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soetta)

Kendati, kata Awaluddin, pihaknya pun akan mengantisipasi puncak arus balik hari ini, berkoordinasi dengan beberapa stakeholder yang di Bandara Soetta.

"Kami sudah berkoordinasi juga dengan maskapai, ground handling. Terutama di area kedatangan," kata dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya