Alam Kasih Masukan ke Ganjar Pranowo Sebelum Debat Capres

Alam juga ingatkan agar Ganjar jaga kesehatan

Jakarta, IDN Times - Putra Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, ikut memberi masukan kepada ayahnya sebelum debat capres putaran pertama yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) nanti. Dia memberikan saran terkait aspirasi anak-anak muda yang sempat ditemuinya dalam kampanye Ganjar di Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. 

"Di dua provinsi itu, aku kan ketemu anak-anak muda dan mahasiswa. Terus, ada beberapa yang aku catat sebagai masukan saja buat materi substansi bapak di debat," ujar Ganjar ketika menjawab pertanyaan IDN Times di Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (9/12/2023). 

Dia juga berpesan kepada ayahnya untuk menjaga kesehatan sebelum debat capres putaran pertama. Apalagi, topik dalam debat pertama terbilang cukup krusial, yakni tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

"Kalau kesehatannya kurang pasti gak optimal. Jadi, yang penting bapak kan sehat terus sama bahagia," tutur mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

1. Alam dorong anak muda gak golput

Alam Kasih Masukan ke Ganjar Pranowo Sebelum Debat CapresMuhammad Zinedine Alam Ganjar bertemu sejumlah kelompok relawan Ganjar Pranowo di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/12/2023). (Dok. Istimewa)

Alam juga mendorong calon pemilih muda untuk tidak apatis dan menjadi golput dalam Pemilu 2024. Dia meminta anak muda untuk tetap menggunakan hak pilih secara rasional dan obyektif. 

"Kan emang harapannya anak muda itu aktif dan ikut berpartisipasi dalam politik. Itu gak perlu muluk-muluk kayak gimana. Asalkan teman-teman bisa memilih secara rasional dan obyektif, datang ke TPS dan menggunakan hak pilih. Itu sudah cukup," kata Alam. 

Dia menegaskan tidak memutuskan tali silaturahmi dengan teman atau keluarganya yang berbeda pilihan politik.

"Pokoknya selamanya akan tetap jadi besties," tutur dia. 

Baca Juga: Diskusi di Makassar, Alam Ganjar Tampung Aspirasi Relawan

2. Ganjar dan Mahfud siap hadapi debat capres

Alam Kasih Masukan ke Ganjar Pranowo Sebelum Debat CapresGanjar Pranowo dan Mahfud MD hadir dalam undangan ngunduh mantu putra ketiga KH. M Mustofa Aqil Siroj di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon (IDN Times/Istimewa)

Sementara, saat berada di Cirebon, Ganjar menyatakan kesiapannya menghadapi debat capres. Begitu pula dengan Mahfud. Dia mengaku sudah pernah melewati debat calon pemimpin sehingga tinggal dijalankan saja. 

"Kalau debat ya tinggal debat saja. Tinggal jalan saja. Jadwalnya kan sudah ada. Kami kan pernah debat, tinggal jalan saja. Saya dan Pak Mahfud MD sudah siap (hadapi debat)," kata mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

3. Sandi Uno beri masukan soal pemerintahan yang bersih

Alam Kasih Masukan ke Ganjar Pranowo Sebelum Debat CapresSandiaga Uno (IDN Times/Aryodamar)

Saran juga diberikan oleh Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sandiaga Uno, jelang debat capres putaran pertama. Salah satu masukan yang diberikan terkait pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

"Sebagai Ketua Dewan Tim Pakar, saya sudah menyampaikan beberapa pandangan bahwa pemerintahan yang bersih, dan bebas korupsi harus disuarakan," ujar Sandi di Padang, Sumatra Barat. 

Narasi pemerintahan yang bersih tersebut harus disampaikan secara tegas oleh pasangan Ganjar-Mahfud, sebab tak jarang adanya anggapan politik kerap bersinggungan dengan perilaku korup. 

Paslon nomor urut tiga itu, kata Sandi, harus bisa menjawab dengan tegas bagaimana menciptakan atau menghadirkan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

"Ganjar-Mahfud harus bisa menjawab ini. Sebab politik ini perjuangan dan ibadahnya adalah menghadirkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi," kata dia.

https://www.youtube.com/embed/VUY89_n52Qk

Baca Juga: Jelang Debat, Ganjar Pilih Istirahat dari Kampanye dan Jalan ke Mal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya