Jelang Pendaftaran Capres, Sekjen Koalisi Prabowo Kumpul di Golkar

Demokrat belum terlihat hadir di kantor DPP Golkar

Jakarta, IDN Times - Para sekretaris jenderal partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk kali pertama bertemu di kantor DPP Partai Golkar pada Rabu malam (20/9/2023). Pertemuan hari ini memang hanya dihadiri oleh para sekjen parpol di KIM.

Mereka yang hadir antara lain Sekjen Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, Sekjen PAN, Eddy Soeparno, hingga Sekjen PBB, Afriansyah Noor. 

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengatakan bahwa pertemuan pada malam ini merupakan kelanjutan dari rapat para ketua umum KIM di DPP Golkar. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan pada pekan lalu yaitu soal tim pemenangan. 

"Kami ingin mematangkan poin-poin yang dibahas pada pekan lalu, ketika pertemuan dihadiri oleh para ketua umum. Tapi, lebih ke tingkat teknis. Selain itu, kami juga akan membahas 12 fokus program Pak Prabowo," ungkap Yandri di kantor DPP Partai Golkar malam ini. 

Ia menambahkan bahwa rapat hari ini merupakan pertemuan awal. "Selain itu kami juga ingin bertukar isu-isu aktual," tutur dia lagi. 

Apakah turut membahas soal penentuan bakal cawapres Prabowo?

Baca Juga: Prabowo: Yang Penting Asal Jangan Prabowo Bohong dan Berkhianat

1. Penentuan nama cawapres ada di tangan ketua umum

Jelang Pendaftaran Capres, Sekjen Koalisi Prabowo Kumpul di GolkarPertemuan perdana para Sekretaris Jenderal parpol di bawah Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Rabu, 20 September 2023 di kantor DPP Golkar. (IDN Times/Santi Dewi)

Yandri menepis pertemuan hari ini bakal turut membahas penentuan nama pendamping Prabowo. Menurutnya, poin tersebut menjadi kewenangan penuh dari ketua umum. 

"Cawapres (belum akan dibahas). Itu bukan hak kita, itu menjadi hak ketua umum," ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR itu. 

PAN mengajukan dua nama untuk diusulkan sebagai pendamping Prabowo yaitu Erick Thohir dan Muhadjir Effendy. 

Baca Juga: Golkar Segera Gelar Rapat Pimpinan  Mantapkan Dukungan ke Prabowo

2. Pertemuan para sekjen KIM tak dihadiri oleh Partai Demokrat

Jelang Pendaftaran Capres, Sekjen Koalisi Prabowo Kumpul di GolkarPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan AHY ketika berkunjung ke Hambalang pada 17 September 2023. (Dokumentasi Partai Demokrat)

Sementara, Partai Demokrat yang baru saja menyatakan dukungan ke Prabowo terlihat absen di pertemuan pada malam ini. Anggota Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, Syarif Hasan mengatakan absennya parpol dengan lambang bintang mercy itu lantaran masih menunggu hasil rapat pimpinan nasional. 

"Kan belum deklarasi (dukungan ke Prabowo). Partai Demokrat baru akan deklarasi besok malam," ujar Syarif kepada IDN Times melalui pesan pendek. 

Di sisi lain, meski mendukung Prabowo, tetapi Demokrat terlihat realistis dalam pemilu 2024. Mereka tidak ngotot agar Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) duduk sebagai pendamping Prabowo. 

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan tahun 2024 belum menjadi masa bagi Demokrat. "Sebagai pemimpin partai Anda harus melakukan itu. Nah, realitas perjalanan politiknya kemudian juga kita ukur, ya sudah mungkin hari ini, kali ini belum masa kami. Kami tentu bersiap lagi untuk masa yang akan datang," ujar Hinca di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Senin kemarin. 

3. Penentuan cawapres Prabowo akan dibahas bersama

Jelang Pendaftaran Capres, Sekjen Koalisi Prabowo Kumpul di GolkarPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan AHY ketika berkunjung ke Hambalang pada 17 September 2023. (Dokumentasi Partai Demokrat)

Sementara, juru bicara pemenangan pemilu Partai Gerindra, Budi Djiwandono mengatakan pertemuan antara Demokrat, Prabowo, dan partai KIM pada Minggu kemarin di Hambalang berlangsung sekitar dua jam. Dalam pertemuan itu, belum ada pembahasan mengenai sosok bakal cawapres.

"Urusan politik ke depan tentu kita sama-sama mengantisipasi langkah ke depan. Pada saatnya akan dirembuk dan diputuskan bersama secara tradisi kita yaitu musyawarah untuk mufakat. Insya Allah, pada waktunya akan diumumkan di sana," ujar Budi di luar kediaman Hambalang.

Ia menambahkan Partai Gerindra menghargai semua suara parpol di KIM. Termasuk hak masing-masing parpol untuk menyampaikan aspirasinya. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Demokrat Titip ke Prabowo untuk Usung Agenda Perubahan dan Perbaikan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya