Hasto: Mudik Tahun Ini Paling Lancar dalam 30 Tahun Terakhir

Apakah kamu sependapat?

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan mengukuhkan dirinya sebagai Partai Gotong Royong yang secara konsisten selama 15 tahun mampu menyelenggarakan tradisi mudik Lebaran.

Pada tahun ini, PDI Perjuangan akan memberangkatkan ribuan pemudik menggunakan kereta api dan bus. Bagaimana kisah perjalanan mudik tahun ini? Apakah sama dengan tahun-tahun sebelumnya?

Berikut IDN Times rangkumkan ceritanya saat pelepasan mudik gratis PDIP.

1. Tradisi yang sudah dijalankan sejak 2003

Hasto: Mudik Tahun Ini Paling Lancar dalam 30 Tahun TerakhirIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

“Tradisi mudik ini telah dijalankan sejak tahun 2003. Mudik hari ini diikuti oleh 8.104 orang dengan menggunakan armada bus dan sebanyak 725 orang melalui Kereta Api yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen secara bertahap.

Jumlah Bus yang dipakai mencapai 143 bus yang diberangkatkan dari Kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung,” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (12/6).

2. PDI Perjuangan tanamkan semangat gotong royong di masyarakat  

Hasto: Mudik Tahun Ini Paling Lancar dalam 30 Tahun TerakhirIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hasto menegaskan bahwa mudik tidak hanya peristiwa kultural menjelang Perayaan Idul Fitri. Mudik sekaligus sebagai peristiwa yang menggambarkan tradisi gotong royong yang hidup dalam masyarakat. 

“Semua ingin membangun silaturahim di Hari Raya Idul Fitri tersebut. Untuk itulah kebijakan Ibu Megawati Soekarnoputri meminta agar seluruh jajaran PDI Perjuangan secara konsisten dapat menyelenggarakan mudik gratis tersebut sebagai pembumian semangat keluargaan. Di banyak tempat strategis, kader PDI Perjuangan secara swadaya membuat Posko Gotong Royong untuk membantu para pemudik,” terang Hasto.

3. Mudik dengan moda transportasi umum cara menekan kecelakaan  

Hasto: Mudik Tahun Ini Paling Lancar dalam 30 Tahun TerakhirIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Kegiatan mudik Lebaran dengan menggunakan moda transportasi kereta api sekaligus sebagai dukungan kepada pemerintah Jokowi terhadap pengembangan transportasi massal yang aman dan terkelola secara profesional tersebut. PDI Perjuangan meyakini bahwa mudik Lebaran tahun ini akan semakin lancar dan aman. 

“Pemerintahan Bapak Jokowi secara khusus telah menyiapkan sistem transportasi massal yang makin bagus dengan pembangunan infrastruktur yang begitu masif dan gencar. Kami yakin mudik tahun ini paling lancar dalam 30 tahun terakhir,” ujar Hasto.

Baca juga: Bohong Tak Mudik pada Orangtua, Pemuda Ini Akhirnya Bisa Pulang 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya