Kandidat Terkuat, Bambang Susantono Akan Dilantik Jadi Kepala IKN 

Kepala Badan Otorita IKN dan wakilnya dilantik Kamis besok

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan melantik Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis besok, 10 Maret 2022.

Kepastian soal pelantikan ini disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong, saat menjawab pertanyaan IDN Times soal pelantikan Kepala Badan Otorita IKN ini.

"Sepertinya begitu (besok pelantikan Kepala IKN)," jawab Wandy, Rabu (9/3/2022).

Berdasarkan undangan pelantikan, diketahui Kepala Badan Otorita IKN akan dilantik bersama wakilnya, pukul 15.00 sampai selesai di Istana Negara Jakarta. Presiden tidak hanya melantik keduanya, tapi juga melantik Gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan 2022-2023.

Baca Juga: Mengenal Bambang Susantono, Kandidat Kuat Kepala Otorita IKN

1. Bambang merupakan pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi

Kandidat Terkuat, Bambang Susantono Akan Dilantik Jadi Kepala IKN Kompas.com

Berdasarkan informasi yang diperoleh IDN Times, disebutkan Presiden akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Otorita IKN.

Bambang merupakan pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Dia juga tercatat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan. Ini terjadi setelah Menteri Perhubungan sebelumnya Evert Ernest Mangindaan, mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

2. Ridwan Kamil dukung penuh Bambang jadi Kepala Badan Otorita IKN

Kandidat Terkuat, Bambang Susantono Akan Dilantik Jadi Kepala IKN dok.IDN Times

Nama Bambang sebagai kandidat kuat Kepala Badan Otorita IKN muncul belakangan setelah nama-nama lainnya, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan mantan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Kendati namanya muncul paling buncit, namun Bambang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat kepala Badan Otorita IKN. Sosok Bambang dianggap memenuhi beberapa kriteria yang pernah dilontarkan Presiden Jokowi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mendukung penuh Bambang menjadi Kepala Badan Otorita IKN. Menurutnya, sosok Bambang kompeten untuk memimpin ibu kota baru itu.

"Kalau itu dipilih, saya mendukung dan saya setuju demi kebaikan IKN,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Rabu (23/2/2022).

3. Lulus Teknik Sipil ITB

Kandidat Terkuat, Bambang Susantono Akan Dilantik Jadi Kepala IKN (Ilustrasi gedung ITB) www.itb.ac.id

Selain pernah menjabat sebagai Wakil Menhub, Bambang juga pernah menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada tahun 2007-2010. Sebelum itu, ia juga pernah menjadi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004-2010. Pada saat menjabat, ia menekankan pada sistem transportasi yang humanis untuk mengurai masalah transportasi.

Sebelumnya, begitu lulus dari Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987, Bambang bekerja sebagai pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum.

Tidak hanya memiliki pengalaman di tingkat nasional, Bambang juga menyandang sederet posisi membanggakan di tingkat global. Di antaranya dia pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan hingga kini menjadi anggota Board of Trustees untuk The SouthSouthNorth Foundation di Johannesburg, Afrika Selatan, organisasi yang bergerak di bidang perubahan iklim dan lingkungan.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kepala Otorita IKN Bukan Orang Parpol

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya