Jokowi Sebut Kepala Otorita IKN Bukan Orang Parpol

Siapa ya kira-kira pemimpin IKN? Jawabannya, minggu depan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan akan segera mengumumkan nama Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi menyebut akan segera mengumumkannya minggu depan.

“Secepatnya. Mungkin minggu-minggu depan udah kita lantik,” kata Jokowi di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga: Sebut Surya Paloh ‘Abang’, Jokowi Akui Sering Curhat

1. Jokowi katakan Kepala Badan Otorita dari nonpartai politik

Jokowi Sebut Kepala Otorita IKN Bukan Orang ParpolPresiden Jokowi memamerkan desain Ibu Kota baru di HUT ke-7 PSI pada Rabu (22/12/2021). (youtube.com/solidaritasID)

Jokowi menyebut bahwa calon Kepala Badan Otorita IKN berasal dari nonpartai politik. Tetapi ia tidak memberitahu lebih jauh siapa yang akan memegan jabatan tersebut.

“(Kepala Badan Otorita dari) nonparpol,” ujar Jokowi lagi.

Baca Juga: UU IKN: Jokowi Bisa Gonta-Ganti Kepala Otorita Tanpa Pemilu

2. Jokowi sebut latar belakang Kepala Badan Otorita IKN adalah arsitek

Jokowi Sebut Kepala Otorita IKN Bukan Orang ParpolDesain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Sebelumnya, Presiden Jokowi berharap, sosok yang memiliki latar belakang kepala daerah dan arsitek bisa menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Bahkan, Jokowi memberikan sinyal bahwa sosok yang ia harapkan itu bersuku Sunda.

"Saya berharap yang jadi koordinator pembangunan IKN yang punya latar belakang kepala daerah, arsitek," kata Jokowi dalam pertemuan bersama pemimpin redaksi media di Istana, Rabu (19/1/2022).

Saat ditanya apakah sosok yang berlatar belakang tersebut juga bersuku Sunda, Jokowi menyebut itu adalah harapannya. Sosok yang dimaksud Jokowi itu sangat menggambarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Sunda juga?" tanya salah seorang pemimpin redaksi pada Jokowi.

Mendengar hal itu, Jokowi tertawa dan tak memberitahu lebih jauh. Ia hanya mengatakan bahwa itu adalah harapannya.  "Ini harapan saya ya. Tapi bisa ada kemungkinan lain," lanjut Jokowi.

Baca Juga: PAN Ingatkan Jokowi Kepala Otorita IKN Tak Boleh Rangkap Jabatan

3. Pemerintah tetapkan nama Nusantara untuk IKN

Jokowi Sebut Kepala Otorita IKN Bukan Orang ParpolSejumlah alat berat membuka akses jalan di lokasi segmen tiga di kawasan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebelumnya mengatakan, pemerintah sudah menetapkan Nusantara sebagai nama Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. Dia mengatakan, nama tersebut merupakan pilihan Presiden Jokowi.

"Mengenai nama ibu kota, memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan surpres (surat presiden) itu, tapi kemudian ditahan dan ini saya baru mendapatkan konfirmasi langsung dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada hari Jumat. Jadi ini sekarang hari Senin, pada hari Jumat lalu dan Beliau mengatakan Ibu Kota negara ini namanya Nusantara," ujar Suharso di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso menjelaskan, Nusantara dipilih menjadi nama ibu kota negara karena dianggap sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, Nusantara tidak akan menjadi pertentangan di masyarakat.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," ucapnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya