Ganjar Resmi Jadi Capres PDIP, PAN Bakal Atur Strategi dengan KIB

PAN siap bekerja sama dengan semua partai

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) mengucapkan selamat atas terpilihnya Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, yang diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2024.

Dengan dicalonkannya Ganjar, PAN berharap akan semakin mempercepat proses terbentuknya pasangan capres-cawapres melalui kerja sama partai politik.

"Hal ini sesuai dengan persyaratan presidential threshold sebanyak 20 persen kursi DPR RI. Sebagaimana diatur dalam Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,"ucap Juru Bicara PAN, Viva Yoga Mauladi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/4/2023).

Baca Juga: Megawati Perintahkan Puan Bentuk Tim Pemenangan Ganjar Pranowo

1. PAN siap kerja sama dengan semua partai

Ganjar Resmi Jadi Capres PDIP, PAN Bakal Atur Strategi dengan KIBPolitikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Viva juga mengapresiasi langkah PDIP yang mengumumkan capres lebih awal, karena akan bermanfaat bagi demokrasi dan pendidikan politik rakyat karena masyarakat akan menilai, memverifikasi, dan mendiskusikan sosok calon pemimpin bangsanya, sebelum masuk ke bilik tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2024 nanti.

Viva pun menyatakan kesiapan partainya untuk bekerja sama dengan semua partai politik.

"Sehingga pemilu dapat dilaksanakan dengan Luber, Jurdil, berkualitas dan berintegritas, serta aman, nyaman, damai, dan bahagia. PAN akan selalu menjadi komponen yang terus memperkuat pilar demokrasi Indonesia," tegasnya.

2. Usai Lebaran PAN tentukan kebijakan lanjutan KIB

Ganjar Resmi Jadi Capres PDIP, PAN Bakal Atur Strategi dengan KIBKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmad Zaki, dan Ketua DPW PPP DKI Farhan Hasan saat pertemuan pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tingkat provinsi DKI Jakarta di Kantor Komando PAN, Cipinang, Jatinegara, Senin, (30/5/2022). (IDN Times/ Melani Putri)

Usai lebaran, PAN akan melakukan  rapat koordinasi sekaligus silaturahmi Idul Fitri dengan Golkar dan PPP. Tujuannya untuk mematangkan rencana penetapan kebijakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sebelumnya, Viva juga menjelaskan bahwa KIB tetap solid, utuh, dan kompak. PAN yakin Airlangga hadir ke acara bukber di NasDem Tower lantaran ingin memenuhi undangan dari Surya Paloh.

"Selain bukber juga acara pelepas rindu karena Pak SP (Surya Paloh) dulu kan kader Golkar lalu mendirikan NasDem," ungkap Viva kepada IDN Times melalui pesan pendek, Minggu (26/3/2023).

Viva pun yakin Golkar tidak akan meninggalkan KIB. "Karena antara Golkar, PAN dan PPP telah terikat janji suci di KIB. Ada ikatan cinta segitiga yang tidak lepas oleh topan dan badai," ujarnya.

Ia juga menyebut, KIB pada waktunya akan memutuskan paslon Pilpres 2024.

3. PAN bakal jalin komunikasi intens dengan PDIP

Ganjar Resmi Jadi Capres PDIP, PAN Bakal Atur Strategi dengan KIBSekjen PAN Eddy Soeparno di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Dihubungi terpisah,  Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, PAN akan melakukan komunikasi politik lebih intens lagi dengan PDIP, serta dengan koalisi KIB, dan Koalisi Indonesia Raya. 

"Ini untuk bisa menemukan sebuah titik temu, dimana gagasan dan ide dari sebuah koalisi besar dapat terwujud. Tapi ini sebuah proses akan dilaksanakan oleh para ketua umum dari partai-partai politik untuk membahas dan menggodok, bagaimana formasi terbaik dari koalisi-koalisi yang ada untuk kita bisa mengusung capres dan cawapres pemilu 2023," ucapnya kepada IDN Times, Jumat (21/4/2023). 

Baca Juga: Makna Kopiah yang Disematkan Megawati ke Ganjar Usai Deklarasi Capres

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya