Comscore Tracker

Baznas Kirim Tim Medis dan Bangun Posko buat Korban Erupsi Semeru 

Baznas berikan pengobatan mobile untuk korban erupsi Semeru

Jakarta, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengirim tim medis dan membangun pos kesehatan untuk penanganan korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Tim tersebut akan melakukan pengobatan mobile untuk korban.

Adapun, rincian personel yang dikirimkan ialah dokter, perawat, petugas farmasi, personel Baznas Tanggap Bencana (BTB), dan relawan yang terdiri dari 14 orang.

Sebelumnya, tim tanggap bencana Baznas Kabupaten Lumajang juga telah terjun ke titik terdekat lokasi bencana.

Baca Juga: PMI Kirim Bantuan dan Dirikan Dapur Umum buat Korban Erupsi Semeru

1. Lokasi pos kesehatan Baznas

Baznas Kirim Tim Medis dan Bangun Posko buat Korban Erupsi Semeru Gunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Baznas membangun pos kesehatan di Balai Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang. Pimpinan Baznas, Saidah Sakwan, mengatakan pihaknya menyediakan obat-obatan, oksigen hingga ambulans di posko tersebut.

"Baznas juga telah menyiapkan alat kesehatan, obat-obatan, masker, oksigen, serta kendaraan rescue, ambulans guna memberikan pelayanan bagi masyarakat terdampak erupsi," tutur Saidah dalam keterangan resmi Baznas, Minggu (5/12/2021).

2. Tim medis dikirim dari RSB

Baznas Kirim Tim Medis dan Bangun Posko buat Korban Erupsi Semeru Posko untuk korban erupsi Gunung Semeru yang berlokasi di Balai Desa Sumber Wuluh, Candipuro, Lumajang. (dok. BAZNAS)

Saidah mengatakan tim medis yang diterjunkan ke lokasi bencana dikirim dari Rumah Sehat Baznas (RSB).

"Selain memberikan pelayanan bantuan makanan dan kebutuhan lainnya, pelayanan kesehatan menjadi salah satu perhatian Baznas, dengan membangun pos kesehatan dan pengobatan mobile yang juga turut menerjunkan tim medis dari RSB," ujar Saidah.

Baca Juga: 10 Potret Dampak Erupsi Semeru yang Akibatkan 13 Warga Meninggal

3. Dilakukan pendataan kebutuhan sangat mendesak

Baznas Kirim Tim Medis dan Bangun Posko buat Korban Erupsi Semeru Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Selain itu, tim di lokasi bencana juga melakukan pendataan terkait kebutuhan yang sangat mendesak bagi warga pasca erupsi. Respons Baznas  ini dilakukan berkoordinasi dengan BNPB, BPBD setempat dan seluruh stakeholder terkait.

"Kami berharap korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya diberi kekuatan untuk bisa bangkit dari musibah ini," ucap dia.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya