Comscore Tracker

Survei: Demokrat, PKS dan PSI Jadi Partai Favorit Millennial dan Gen Z

PDIP dan Gerindra masih di posisi pertama

Jakarta, IDN Times - Hasil survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS) mendapati, Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ternyata menjadi favorit pemilih millennial dan generasi Z.

"PDIP dan Gerindra tetap unggul, tetapi Demokrat, PKS, dan PSI paling favorit bagi pemilih millennial dan gen Z," kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK, dikutip dari Antara, Selasa (15/6/2021)

Baca Juga: Sindiran Megawati soal Petugas Partai Harus Nurut, Untuk Siapa?

1. PDIP dan Gerindra di posisi pertama walau elektabilitasnya menurun

Survei: Demokrat, PKS dan PSI Jadi Partai Favorit Millennial dan Gen ZANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Berdasarkan penuturan Okta, tiga partai yang difavoritkan belum mampu menggeser elektabilitas PDIP dan Gerindra di posisi pertama dan kedua untuk segmen millennial.

Tetapi, jika dibandingkan dengan tren setahun terakhir, elektabilitas PDIP berkurang drastis dan Gerindra relatif stagnan. Survei CPCS memperoleh angka elektabilitas PDIP di kalangan generasi muda mencapai 17,6 persen.

Namun, pada survei antara Maret 2020 hingga Maret 2021 di antara pemilih semua umur, elektabilitas PDIP selalu di atas 20 persen, bahkan sempat mencapai angka 30 persen.

Sementara itu, Gerindra dalam rentang yang sama untuk semua umur memperoleh elektabilitas 12-14 persen. Angkanya tidak jauh berbeda untuk pemilih millennial dan gen Z yaitu 13,4 persen.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas PDIP, PSI dan PKS Meningkat

2. Ini alasan Demokrat, PKS, dan PSI naik elektabilitasnya

Survei: Demokrat, PKS dan PSI Jadi Partai Favorit Millennial dan Gen ZANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Adapun elektabilitas Demokrat di kalangan millennial dan gen Z mencapai 10,3 persen, menggeser Golkar yang biasanya berada pada urutan ketiga untuk semua umur.

"PKS yang biasanya pada kisaran 5 persen elektabilitasnya di antara millennial dan gen Z mencapai 7,7 persen, sedangkan PSI tembus 5 persen dari biasanya 4 persen," ujar Okta.

Analisis Okta, penuaan pemilih partai-partai besar, yang telah menguasai panggung politik sejak 1998, adalah faktor yang tidak bisa dinafikan. Padahal, demografi pemilih kini didominasi oleh millennial dan gen Z.

Sikap kritis pemilih muda cenderung tersalurkan kepada partai-partai oposisi, yaitu Demokrat dan PKS. Hanya PSI yang berhasil mendapat dukungan dari pemilih muda karena citranya sebagai partai anak muda.

"Kebijakan pemerintah yang didukung koalisi PDIP, Gerindra, dan Golkar mendapat resistensi dari generasi muda, terbukti dari gelombang demonstrasi yang marak pada 2019 dan 2020 lalu," ucap Okta.

Baca Juga: Survei: Efek KLB dan Islam, Elektabilitas Demokrat-PKS Naik Drastis

3. Berikut urutan elektabilitas partai di mata millennial

Survei: Demokrat, PKS dan PSI Jadi Partai Favorit Millennial dan Gen ZKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menyampaikan keterangan kepada wartawan terkait Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang dinilai ilegal di Jakarta, Jumat (5/3/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Survei CPCS dilakukan pada periode 1-10 Juni 2021, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia dengan rentang usia 16-39 tahun.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen dan tingkat kepercayaannya 95 persen.

Berikut elektabilitas partai politik pilihan millennial dan gen Z:

PDIP 17,6 persen
Gerindra 13,4 persen
Demokrat 10,3 persen
PKS 7,7 persen
Golkar 5,0 persen
PSI 5,0 persen
PKB 4,3 persen
Nasdem 3,7 persen
Partai Ummat 2,0 persen
PPP 1,4 persen
PAN 1,0 persen
Perindo 0,7 persen
Hanura 0,4 persen
Gelora 0,3 persen
Berkarya 0,1 persen
PBB 0,0 persen
PKPI 0,0 persen
Garuda 0,0 persen
Masyumi Reborn 0,0 persen
Tidak tahu/tidak jawab 22,8 persen

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya