Comscore Tracker

UMPTKIN 2021 Diumumkan, 75 Persen Peserta Ujian Daftar Ulang

Persentase peserta UMPTKIN yang daftar ulang alami kenaikan

Yogyakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pelajar yang berminat melanjutkan studinya di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri mengalami peningkatan.

Hal itu ia buktikan dengan persentase peserta ujian yang mendaftar ulang pada UMPTKIN.

"Dengan capaian 75 persen pendaftar yang melakukan daftar ulang, saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat," ujarnya seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (17/6/2021).

Diketahui, hasil seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2021 telah diumumkan pada Kamis 17 Juni 2021 pukul 13.00 WIB. Pengumuman tersebut bisa dicek oleh peserta melalui laman resmi https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

UMPTKIN merupakan pola seleksi nasional calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Baca Juga: Peserta UMPTKIN 3-6 Agustus Tes Daring Gunakan Laptop dan Ponsel

1. PTKIN disebut semakin dipercaya mutu dan kualitasnya oleh masyarakat

UMPTKIN 2021 Diumumkan, 75 Persen Peserta Ujian Daftar UlangDirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Dhani, begitu dia biasa disapa, mengatakan peningkatan persentase peserta yang mendaftar ulang di UMPTKIN 2021 praktis membuat PTKIN semakin menjadi pilihan masyarakat.

"Persentase asal madrasah atau sekolah ini juga menandakan PTKIN telah menjadi pilihan sebagai wujud kepercayaan terhadap kualitas dan mutu lulusannya selama ini," katanya.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil: Jangan Sampai Lulusan PTKIN tak Memberi Manfaat

2. Jumlah peserta UMPTKIN menurun dari tahun lalu

UMPTKIN 2021 Diumumkan, 75 Persen Peserta Ujian Daftar UlangIlustrasi UM PTKIN 2020 (Istimewa/radenintan.ac.id)

Dari laman resmi UMPTKIN, jumlah peserta yang berhak mengikuti ujian dan ditentukan panitia adalah 100.039 orang.

Dari jumlah tersebut, tercatat 46 persen peserta berasal dari MA dan pesantren, 42 persem dari SMA, dan 12 persen dari SMK.

Meski begitu, jumlah tersebut menurun jika dibandingkan UMPTKIN tahun lalu. Pada 2020, jumlah peserta yang ditetapkan panitia untuk mengikuti ujian adalah 132.929 orang. Sedangkan tahun 2019 sebanyak 122.981 pendaftar, sementara tahun 2018, tercatat 103.444 pendaftar UMPTKIN.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Terima 445 Calon Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN 

3. Kategori PTKIN yang paling diminati

UMPTKIN 2021 Diumumkan, 75 Persen Peserta Ujian Daftar Ulanguin-alauddin.ac.id

Terdapat lima besar kategori PTKIN yang paling diminati pada UMPTKIN 2021, yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (13.431 peminat), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (12.455 peminat), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (12.376 peminat). Kemudian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (8.384 peminat dan UIN Alauddin Makassar (7.642 peminat).

Sedangkan program studi yang paling banyak peminatnya secara berurutan adalah Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Farmasi UIN Alauddin Makassar, Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar, Hukum Ekonomi Syariah Ar-Raniry Banda Aceh, dan Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca Juga: UIN Sunan Kalijaga Terima 2.741 Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya