Berantas Politik Uang di Pemilu 2024, Polri Siapkan Satgas Khusus

Polri akan awasi rekening parpol peserta Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memastikan akan membuat Satuan Tugas (Satgas) Anti Politik Uang. Sesuai namanya, satgas akan difungsikan untuk meminimalkan potensi pelanggaran pada Pemilu 2024, khususnya yang berkaitan politik uang (money politic).

"Satgas Anti Money Politic yang nantinya akan dibentuk dalam rangka pemilu, lebih utamanya adalah untuk mencegah terjadinya politik uang," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, saat ditemui awak media di Kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Bawaslu Laporkan Jajaran Komisioner KPU ke DKPP

1. Satgas Anti Politik Uang gandeng sejumlah pihak

Berantas Politik Uang di Pemilu 2024, Polri Siapkan Satgas KhususIlustrasi kampanye politik uang (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sandi memastikan, satgas berisi sejumlah lembaga yang terkait dengan keamanan, pengawasan, dan pencegahan pelanggara pemilu. Satgas Anti Politik Uang ini diharapkan bisa membawa Pemilu 2024 lebih bermartabat.

"Tentu saja dalam rangka kegiatan tugasnya pasti akan bekerja sama dengan semua komponen bangsa lainnya, untuk bisa menciptakan pemilu berjalan dengan tertib dengan bermartabat, dengan jujur dan adil seperti halnya yang diceritakan dan undang-undang ke masyarakat kita," ucap dia.

2. Polri akan awasi rekening parpol

Berantas Politik Uang di Pemilu 2024, Polri Siapkan Satgas KhususBendera partai politik peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sandi mengatakan, Polri juga akan melakukan pengawasan terhadap rekening parpol peserta Pemilu 2024. Polri akan berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Iya (awasi rekening parpol), itu bagian dari nanti kedepan menjadi pihak-pihak nanti akan dikoordinasikan. Tentu saja kegiatan itu juga akan mengacu pada peraturan perundangan dan ketentuan yang berlaku, bukan hanya sekedar bahwa akan diadakan sebuah untuk kegiatan yang lain," jelas dia.

Baca Juga: Bawaslu Ajak Anak Muda dan Masyarakat Menengah Redam Politik Uang

3. Polri siap amankan Pemilu 2024

Berantas Politik Uang di Pemilu 2024, Polri Siapkan Satgas KhususIlustrasi pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain mengawasi politik uang, Sandi mengungkapkan, tugas lain yang akan dilakukan Polri jelang Pemilu 2024 di antaranya menangkal hoaks, mengerahkan personel untuk menjaga keamanan, menyiapkan prasarana, hingga berkomunikasi dengan masyarakat.

"Kepolisian menyiapkan dengan berbagai lencana operasi untuk kesiapan pemilu, pertama Operasi Mantap Brata itu menjadi bagian rutin setiap pemilu, Polri pasti akan melaksanakan Mantap Brata untuk pengamanan penyelenggaraan pemilu," jelas Sandi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/bv0TbqblinI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya