BRIN Pastikan Gerhana Bulan Hari Ini Aman Dilihat Mata Telanjang

Gerhana bulan terjadi satu jam lebih, dimulai 18.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memastikan gerhana bulan total pada 8 November 2022 aman disaksikan dengan mata telanjang. 

Sebagaimana diketahui, fenomena alam ini dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatra Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu, pada pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November, Simak Tata Cara Salat Khusuf 

1. Masyarakat bisa saksikan langsung gerhana bulan

BRIN Pastikan Gerhana Bulan Hari Ini Aman Dilihat Mata TelanjangPara mahasiswi UIN menyaksikan gerhana Matahari dengan kacamata khusus. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Andi Pangerang mengatakan, gerhana bulan berbeda dengan matahari. Sehingga aman dilihat secara langsung oleh mata telanjang.

"Masyarakat dapat menyaksikan dengan mata kepala, tanpa alat khusus, tidak seperti gerhana matahari yang menggunakan filter," kata dia, Selasa (8/11/2022) mengutip ANTARA.

Baca Juga: Waktu dan Wilayah untuk Mengamati Gerhana Bulan 8 November

2. Penjelasan gerhana bulan total aman dilihat mata telanjang

BRIN Pastikan Gerhana Bulan Hari Ini Aman Dilihat Mata TelanjangFoto kolase gerhana bulan sebagian dari fase awal (kiri), puncak gerhana sebagian (kedua kanan) dan fase akhir (kanan) yang terpantau dari Denpasar, Bali. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Andi lantas menjelaskan, gerhana bulan total berbeda dengan gerhana matahari total karena bulan hanya masuk ke dalam bayangan inti (umbra) bumi sementara cahaya bulan adalah pantulan dari cahaya matahari yang mengenai permukaan bulan. Sehingga, intensitas cahayanya jauh lebih kecil dibandingkan intensitas cahaya matahari.

Oleh sebab itu, gerhana bulan total aman dilihat langsung tanpa bantuan alat khusus.

Baca Juga: TGIPF Terima Hasil Uji Lab Gas Air Mata dari BRIN, Jadi Bukti Baru

3. Gerhana bulan total berlangsung selama 1 jam lebih

BRIN Pastikan Gerhana Bulan Hari Ini Aman Dilihat Mata TelanjangIlustrasi gerhana bulan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara itu, jika ingin mengabadikan fenomena astronomis tersebut, masyarakat dapat menggunakan kamera ponsel, kamera DSLR atau dapat memakai teleskop yang terhubung dengan kamera CCD dan laptop/PC.

Gerhana bulan total tersebut berlangsung dengan durasi total selama satu jam 24 menit 58 detik dan durasi umbral (sebagian+total) selama tiga jam 39 menit 50 detik.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya