Comscore Tracker

Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Ganjar: PSI Iki Sopo?

PSI deklarasikan Ganjar dan Yenny Wahid di Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Beredar sebuah video di jejaring media sosial berisi deklarasi calon presiden (capres) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan tanggapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang heran mempertanyakan PSI.

Tampak dalam video tersebut Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, mengatakan bahwa PSI mendukung Ganjar sebagai Capres 2024.

"Kami mengumumkan, bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI tahun 2024," kata Grace dalam video yang dilihat IDN Times, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: Pakar Politik Undip: PSI Cuma Dompleng Nama Ganjar Pranowo

1. Viral di medsos pernyataan PSI disandingkan dengan Ganjar

Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Ganjar: PSI Iki Sopo?Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dok Hetero Space

Kemudian pernyataan itu disandingkan dengan video dari Ganjar yang mempertanyakan PSI. Tampak dalam video, kader PDIP itu menjawab pertanyaan dari wartawan terkait dipasangkan PSI sebagai capres.

Ganjar tampak mengenakan baju berwarna merah itu lantas menjawab dengan Bahasa Jawa, mempertanyakan PSI. Dengan santai dia pun berkelakar bahwa yang dimaksud mungkin PSSI.

"Hah lha mosok aku dipasangke karo PSI? PSI ki sopo? (Lah masa aku dipasangkan dengan PSI? PSI itu siapa?). PSSI kali, salah tanya," kata Ganjar sambil senyum.

Baca Juga: Profil Yenny Wahid Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Diusung PSI

2. PSI deklarasi Capres-Cawapres 2024: Ganjar Pranowo-Yenny Wahid

Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Ganjar: PSI Iki Sopo?Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie saat memberikan sambutan dalam Pemilu 2019. Dok. IDN Times

Sebelumnya Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie, mengumumkan capres dan cawapres pilihan PSI, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid. 

“Kombinasi Ganjar-Yenny Wahid kami nilai sebagai pasangan yang cocok untuk memimpin indonesia ke depan,” kata Grace dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022).

Dia menjelaskan keputusan itu merupakan hasil rembuk rakyat PSI sejak beberapa waktu lalu. Grace menekankan hasil keputusan itu bukan merupakan keinginan elite PSI, melainkan keinginan rakyat.

Grace juga menjelaskan PSI mendukung hasil rembuk rakyat yang digelar oleh pihaknya. Dia menyebut Ganjar Pranowo sudah unggul sejak awal dari kandidat lainnya.

“Bagi PSI, Ganjar Pranowo adalah calon terbaik karena memiliki perjuangan yang sama dengan PSI. Mas Ganjar juga tokoh paling pas untuk memajukan apa yang sudah dilakukan pak Jokowi,” ucapnya.

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

3. Alasan kuat PSI ikut umumkan Ganjar tepat di hari NasDem usung Anies

Dideklarasikan Jadi Capres 2024, Ganjar: PSI Iki Sopo?IDN Times/Fadli Syahputra

Grace juga mengungkap alasan mengapa pihaknya ikut mengumumkan deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 tepat di hari NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres. Grace mengatakan hal itu merupakan kebetulan dan tidak disengaja.

“Kebetulan waktu yang tepat kita melihat karena memang pollingnya sudah dibuka cukup lama. Jadi waktu yang kebetulan sama lah kira-kira,” kata dia.

Grace menilai pengumuman capres PSI merupakan momen baik untuk memperlihatkan bahwa kandidat capres tak hanya Anies Baswedan. Dia menekankan ada juga nama lain seperti Ganjar Pranowo.

“Jadi momen yang baik juga untuk masyarakat melihat bahwa tidak hanya Pak Anies yang memiliki dukungan partai, tapi Pak Ganjar juga memiliki dukungan partai,” ujarnya.

Baca Juga: Anies-AHY Gelar Silaturahmi Politik Hari Ini, Bahas Duet 2024?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya