Jokowi Usul Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Begini Respons PDIP

Jokowi sebut beberapa nama jadi cawapres dampingi Ganjar

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang menyebut, Prabowo Subianto jadi salah satu tokoh yang layak jadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo.

Sebagaimana diketahui, PDIP resmi umumkan mendukung Ganjar sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Gerindra Terbuka Amien Rais CS Dukung Prabowo, Tapi Ada Syaratnya

1. Komunikasi politik masih terus berjalan

Jokowi Usul Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Begini Respons PDIPSekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasto mengatakan, sejumlah nama tokoh yang berpotensi jadi cawapres sebagaimana disebut Jokowi, merupakan bagian dari dinamika politik. Dia memastikan, saat ini proses komunikasi masih berjalan.

"Itu semua dari Pak Jokowi ketika menyampaikan berbagai opsi-opsi yang ada. Itu bagian dari proses komunikasi yang dijalankan," kata Hasto kepada awak media di depan rumah Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga: Anies Ucapkan Selamat ke Ganjar, Ini Harapan Demokrasi ke Depan

2. Jokowi sebut nama-nama cawapres Ganjar

Jokowi Usul Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Begini Respons PDIPPresiden Jokowi usai salat id di Masjid Sheikh Zayed, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sehari usai penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDIP, Presiden Jokowi menyebutkan beberapa nama calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai cocok mendampingi Ganjar dalam kontes Pemilu 2024 mendatang.

Didampingi Ganjar usai melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jokowi mengungkapkan beberapa nama yang potensial untuk mendampingi Ganjar.

"Kemarin kan sudah. Sudah lihat semuanya pelaksanaan keputusan yang dilakukan atau diputuskan Ibu Ketua Umum PDIP Hj. Megawati Soekarnoputri. Ya satu per satu calonnya sudah semakin jelas siapa capresnya. Sehingga tinggal nunggu cawapresnya, ditunggu," ungkap Jokowi.

"Banyak, banyak. Ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, ada Pak Mahfud, ada Pak RK, ada Cak Imin, ada Pak Airlangga," katanya.

Saat ditanya wartawan soal nama Prabowo, Presiden Jokowi menambahkan nama Menteri Pertahanan tersebut di jajaran cawapres Ganjar.

"Nah termasuk Pak Prabowo. Nanti cawapresnya ketemu," ujar Jokowi sembari tersenyum.

Baca Juga: Prabowo Salat Idul Fitri di Al-Azhar Lanjut ke Solo Temui Jokowi

3. Prabowo bertemu Jokowi bicara empat mata di Solo

Jokowi Usul Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Begini Respons PDIPMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Jokowi" Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Jokowi di Solo, Sabtu (22/4/2023). Kunjungan Prabowo itu dalam rangka silaturahmi Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra itu sempat mengikuti ibadah Salat Idul Fitri di Al Azhar, Jakarta Selatan.

Prabowo bersama putranya, Didit Hediprasetyo tiba pukul 12.00 WIB dan langsung disambut oleh Jokowi bersama istrinya, Iriana, beserta keluarga seperti Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Kaesang Pangarep serta istri. 

Kemudian, pertemuan dilanjutkan sesi empat mata antara Prabowo dan Jokowi. Wajah Jokowi terlihat tersenyum lebar saat bersama Prabowo.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya