KPU Ungkap Alasan Debat Keempat Digelar di JCC

Debat keempat digelar pada 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan Jakarta Convention Center (JCC) jadi arena debat pilpres keempat yang digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 mendatang.

Komisioner KPU RI, August Mellaz menjelaskan dipilihnya lokasi tersebut karena ketersediaan tempat yang memadai dan ideal untuk diselenggarakan debat.

"Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," kata Mellaz kepada awak media di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024) malam.

1. KPU akan finalisasi perencanaan debat besok

KPU Ungkap Alasan Debat Keempat Digelar di JCCKantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Pusat menunjukkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal 30 hari lagi. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Mellaz menuturkan, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan tim sukses paslon maupun media penyelenggara untuk membicarakan teknis debat.

Nantinya berbagai pembicaraan itu akan difinalisasikan pada besok, Rabu (17/1/2024). KPU juga secara resmi akan mengumumkan terkait nama moderator, panelis, hingga tema.

"Tadi masih ada beberapa hal yang kita terkait beberapa hal yg sifatnya teknis. Nah nanti kami rencanakan hari Rabu akan bertemu dan itu dalam rangka finalisasi proses semua," ucap dia.

"Jadi nanti hari Rabu kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," lanjut Mellaz.

Baca Juga: Dituding Cuma Tajam ke Gibran, Bawaslu: Coba Buktikan Saja

2. KPU pastikan tak ada perubahan secara teknis

KPU Ungkap Alasan Debat Keempat Digelar di JCCIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mellaz menjelaskan, dalam debat keempat itu tidak ada perubahan secara teknis. Dengan demikian, teknis debat masih sama dengan debat sebelumnya.

"Kecuali memang perubahan itu kan terkait dengan tema, nah tema yang nanti didebat keempat itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-panelis karena yang kita cari kan kompetensi dari panelis. Kalau dari sisi pelaksanaan debat mulai dari 150 kemudian 30 menit itu untuk jeda iklan kemudian 120 menit untuk debat on airnya ya, dan dimulai pukul 19.00 kemudian dibagi dengan enam segmen," imbuh dia.

Baca Juga: KPU: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Digelar 21 Hari, Dibagi 3 Zonasi

3. Tema debat keempat

KPU Ungkap Alasan Debat Keempat Digelar di JCCGibran Dekati Mahfud MD Saat Beri Jawaban di Debat Cawapres. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Adapun debat keempat itu akan diikuti oleh para cawapres pada Minggu, 21 Januari 2024 pukul 19.00 WIB.

Tema debat keempat itu membahas soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya